Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Darul Arafah (IKAPDA) Labuhanbatu Utara menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kampung Nusantara Lingkungan V Aekkanopan Timur, Minggu. Sebagai penceramah Al Ustad H Saiful Amri Nasution Lc MA yang juga merupakan alumnus Darul Arafah.

Kegiatan yang dilakukan di alam terbuka itu dilaksanakan tepat sehari setelah Hari Santri Nasional yang ditetapkan pemerintah dilakukan setiap tanggal 22 Oktober tersebut. Yang hadir dalam acara itu sebagian besar alumni berbagai pesantren.

Dalam tausiyahnya, Saiful Amri secara ringkas menjelaskan tentang peristiwa yang mengiringi kelahiran Baginda Rasulullah SAW dan perjalanan hidupnya dalam mengembangkan syiar Islam hingga akhir hayatnya.

Dari perjuangan Rasulullah, alumnus Universitas Al Azhar Kairo itu antara lain menyebutkan, Umat Islam harus mampu secara ekonomi. Dengan demikian berbagai program yang direncanakan dapat diwujudkan.

"Jadikan mesjid sebagai pusat berbagai aktivitas kehidupan. Bukan hanya untuk tempat beribadah, tetapi masjid hendaknya bisa menjadi pusat berbagai persoalan umat, termasuk bidang ekonomi," jelasnya dalam acara yang dihadiri lebih kurang seratusan jamaah itu.

Sebelumnya Ketua Ikapda Labura H Hasbi Anshori Rambe Lc menyebutkan, kegiatan yang direncanakan dalam waktu singkat itu dimaksudkan untuk menggugah para alumni berbagai pondok pesantren yang ada di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok dapat lebih aktif dalam kehidupan di tengah umat.

"Sudah saatnya alumni pesantren turun tangan. Jangan hanya turun angan. Mari berbuat nyata untuk peradaban umat," ujar pria yang juga Ketua Rijalul Anhsor Labura serta owner Majlis Kofi tersebut. 

Turut memberikan sambutan Ketua Panitia Mahyuddin Nasution, alumnus Darul Arafah yang sehari -hari bertugas sebagai Sekretaris Camat Kualuhselatan tersebut. 

Salam sambutannya, ia antara lain menyebutkan, alumni pesantren saat ini sudah menduduki berbagai jabatan. Ia mengambil contoh Ketua KPU Labura dan Ketua Bawaslu Labura keduanya adalah alumni pesantren.

Demikian juga Lurah Aekkanopan Timur Kecamatan Kualuhhulu Ibrahim CN SPd dan Kepala Desa Siduadua Kecamatan Kualuhselatan juga adalah alumni pesantren. 

Hadir dalam acara itu sejumlah figur seperti salah seorang tokoh pemekaran Labura Aslan Nur Sitompul, Sekretaris PC Nahdhatul Ulama Labura, aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan lainnya.

Kegiatan dihibur dengan grup Hadrah Pesantren dan Zawiyah Arkanunddin Pulodogom. Acara juga diisi dengan penyerahan santunan kepada sejumlah anak yatim-piatu.


 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022