Dinas PMD ( Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ) Kabupaten Padang Lawas ( Palas) menggelar kegiatan santiaji pemilihan kepala desa ( Pilkades) gelombang ke -II, tahun 2022, di Aula Hotel Syamsiah, Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Jumat ( 21/10).

Kegiatan santiaji Pikades ini dibuka resmi oleh Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu ( AZP). Dihadiri Asisten I Pemkab Palas H Panguhum Nasution, Inpektur Palas Harjusli Fahri Siregar, Kasatpol PP dan Damkar Palas Agus Daulay dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dalam kutipan sambutannya, Plt Bupati Palas AZP mengatakan pemilihan kepala desa merupakan pesta demokrasi ditingkat desa. Yang pelaksanaannya, menjunjung prinsip langsung umum, bebas rahasia. 

Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh peserta termasuk para panitia pelaksanaan pilkades di desa masing - masing pada gelombang ke - II, tahun 2022  di Palas, supaya mengikuti acara kegiatan santiaji tersebut dengan baik. Tujuannya, agar para peserta kegiatan itu nanti dapat memahami dan betul - betul mengetahui tugas dan fungsi saat pelaksanaan pilkades itu, di desa masing - masing.

"Tanyakan apa saja materi yang belum dipahami kepada narasumber. Tidak usah sungkan - sungkan agar betul - betul memahami tugas dan fungsi, menuju pelaksanaan pemilihan kepala desa yang aman, damai dan sukses sesuai harapan kita bersama di desa masing - masing saudara saidariku semua kedepan,"tambah AZP berpesan kepada seluruh peserta acara ini.

Sebelumnya, Ketua Panitia PLT Kadis PMD Palas M. Faisal Amrin Siregar, SAP dalam laporannya menyebutkan, peserta kegiatan santiaji Pikades ini, sekitar 323 orang. Para peserta tersebut adalah kepala desa, Ketua BPD ( Badan Permusyawaratan Desa) dan Ketua Panitia Pilkades dari 103 yang akan melaksanakan pilkades gelombang ke - II, tahun 2022 ini. Juga peserta utusan pemerintah kecamatan, dari 17 kecamatan se - Palas.

"Terimakasih kepada seluruh peserta dan tamu undangan kami atas kehadirannya, khususnya kepada Bapak Plt Bupati Palas ( AZP), yang kami harapkan kesempatannya membuka acara ini dengan resmi. Kiranya melalui acara ini nanti ( Santiaji Pilkades), pelaksanaan pilkades se - Palas, dapat berlangsung aman dan damai, amin,"tutur Faisal.

Disela - sela acara Kabid Pemdes M. Yusuf Hutajulu mengatakan pelaksanan Pilkakades ( Pemungutan suara dan perhitungan) serentak gelombang ke - II, tahun 2022, di 103 desa se Kabupaten Padang Lawas, rencanaya akan digelar pada tanggal 14 Desember depan. 

Sedangkan untuk tahapan pengumuman dan pendaftaran bakal calon kepala desa lanjutnya, mulai tanggal 21 hingga 29 Oktober 2022. Atau telah dimulai hari ini ( Jumat, 21/10) di setiap desa yang akan melaksanakan Pilkades gelombang ke - II, tahun 2022 ini di Palas.

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022