Sebanyak 315 orang bakal calon kepala desa dari seluruh 15 kecamatan se-Tapanuli Selatan (Tapsel) mengikuti ujian seleksi tertulis di Gedung Stikes Syuhada Kota Padang Sidempuan.

"Ujian tertulis ini bagian dari tahapan pencalonan seleksi tambahan mental ideologi/psikotes jadwal 11-24 Oktober 2022 bagi para balon kades," Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tapsel M.Yusuf di lokasi ujian, Rabu (12/10).

Seluruh 315 balon kades tersebut wajib mengikuti seleksi tertulis agar dapat lolos menjadi calon kepala desa, selanjutnya mengikuti tahap wawancara yang akan dilaksanakan di tiga zona.

Sesuai laporan Kakan Kesbangpol Tapsel Hamdy Pulungan, zona satu Batang Toru (Batang Toru, Muara Batang Toru, Angkola Sangkunur, Angkola Barat, dan Marancar).

Sedang zona dua Sipirok (Sipirok, Angkola Timur, Arse, SD.Hole, dan Aek Bilah), kemudian zona tiga (Batang Angkola, Angkola Muaratais, Sayur Matinggi, Tantom Angkola, dan Angkola Selatan).

M.Yusuf dan Hamdy, kedua senada menyebut hasil seleksi tertulis dan wawancara melibatkan Pemkab Tapsel, Kodim 0212/Tapanuli Selatan ini akan diserahkan kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa serentak Tapsel Tahun 2022.

Terpisah Eddi Arryanto Hasibuan, SH anggota Komisi B DPRD Tapsel fraksi Gerindra sangat mengapresiasi Pemkab Tapsel yang menyelenggarakan seleksi tambahan mental ideologi/psikotes bagi seluruh bakal calon kepala desa tersebut.

"Kiranya melalui seleksi tertulis ini pengalaman serta wawasan para balon kades kian bertambah dan berguna nantinya ketika diamanahkan memimpin desa nya masing-masing," kata Eddi.

Dia juga meminta kepada seluruh panitia pemilihan kepala desa dalam memberikan hasil nilai seleksi peserta tidak dengan faktor suka atau tidak suka, akan tetapi betul-betul hasil nilai dan kemampuan ilmu para peserta.

Sementara Kabid Pemdes Dinas PMD Tapsel Erwin MS Harahap mengatakan sesuai jadwal Pemilihan Kepala Desa serentak Tapsel Tahun 2022 akan di helat pada 14 Desember 2022 dan diikuti 107 desa dari seluruh 212 desa yang ada di Tapsel.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022