Camat Batangkuis Rio Lakadewa SSTP M.AP mengatakan kegiatan seminar sehari wartawan ramah anak diharapkan mendorong Kabupaten Deliserdang maju dan sejahtera.

"Kebenaran wartawan lewat pemberitaan sangat diharapkan dapat menjadikan Kabupaten Deliserdang lebih maju dan sejahtera, terlebih lagi berita dimuat berisi tentang melindungi anak-anak," ujar Rio, Selasa (11/10). 
 
Hal itu disampaikannya saat menjamu panitia seminar wartawan ramah anak di lobi Hotel Prima, Kecamatan Batangkuis. 
 
Menurutnya, komitmen bapak Bupati dan Wakil Bupati menjadikan Kabupaten Deliserdang maju dan sejahtera tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya partisipasi dari seluruh elemen masyarakat. 
 
"Kontribusi dan partisipasi elemen masyarakat dalam hal ini awak media menjadi kunci kekuatan sebuah pembangunan sesuai dengan bidang masing-masing sehingga segala aspek akan terjangkau. Untuk itu, perlu sinergitas bersama," kata mantan Camat Kutalimbaru. 
 
Ia menilai kegiatan dimaksud sangat baik khususnya dalam meningkatkan kapasitas wartawan agar ramah anak dalam pemberitaannya.
 
"Saya mengapresiasi dan mendukung atas kegiatan dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Deliserdang berkolaborasi dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA). Kedua organisasi bersatu padu sesuai bidang masing-masing menyukseskan acara tersebut," terangnya. 
 
Ketua PWI Deliserdang Lisbon Situmorang menegaskan, kegiatan digagas merupakan bagian dari komitmen pihaknya peningkatan kapasitas wartawan dalam kerja-kerja jurnalisitik menyajikan pemberitaan ramah anak (PRA).
 
"Kami punya tanggung jawab moral berkontribusi lewat pemberitaan kritik membangun dengan tujuan Kabupaten Deliserdang lebih maju dan sejahtera. Begitu juga berita ramah anak merupakan salah satu indikator percepatan menyandang predikat kabupaten layak anak (KLA)," tegasnya. 
 
Sementara itu, Ketua Komnas PA Deliserdang Junaidi Malik menyampaikan, salah satu elemen penting adalah keberadaan wartawan harus menjadi pelindung anak-anak dari pemberitaannya. 
 
"Kita melihat lihat sejumlah awak media bertugas di Deliserdang belum ramah anak dalam pemberitaan. Oleh karenanya, digelarnya kegiatan pada 26 Oktober 2022 mendatang diharapkan wartawan dapat memahami aturan-aturan menyajikan berita ramah anak," pungkasnya. 
 

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022