Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Pemkab Tapsel) memperlebar badan jalan untuk memperlancar arus lalu lintas di Kecamatan Angkola Selatan di wilayah itu, Sabtu (8/10).

"Bahu jalan terpaksa kita cutting agar badan jalan akibat amblas beberapa hari lalu dan sudah menyempit bertambah lebar," kata Kepala Pelaksana BPBD Tapsel Umar Halomoan menghubungi Antara, Sabtu.

Bahu jalan yang di cutting itu sepanjang lebih kurang 20 meter menggunakan excavator PT ANJ. Lokasinya  yang tepat di Kampung Sedikit menuju Kampung Gua Asom di Kelurahan Pardomuan, Kecamatan Angkola Selatan.

"Pengerjaan pelebaran jalan itu melibatkan personel badan penanggulangan bencana daerah, dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat, dinas permukiman, dinas perhubungan Tapsel serta melibatkan PT ANJ," jelasnya.

Tambah masyarakat, pihak kecamatan, unsur TNI dan Polri yang bahu membahu bergotong royong dalam perbaikan swadaya ruas jalan yang berada persis di pinggiran aliran Sungai Pardomuan tersebut.

"Memang terwujudnya gotong royong agar badan jalan tersebut bertambah lebar berkat instruksi dan respon cepat serta pendekatan Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu ke pihak ketiga (PT ANJ) dan seluruh jajarannya termasuk koordinasi pihak TNI-Polri," katanya.

Di katakan bilamana tidak sesegera di per lebar, Pak bupati khawatir akan arus lalu lintas antar kecamatan bisa terganggu (terancam putus) termasuk ekonomi masyarakat mengingat titik badan jalan yang amblas ke dasar sungai itu semakin hari semakin bertambah.

"Langkah yang dilakukan mulai meratakan tanah pada bahu jalan lalu pembuatan gambangan sekaligus penimbunan tanah dan material sirtu dan pengerasan. Lalu pemasangan bronjong pada sisi badan jalan yang amblas oleh PT ANJ. Di perkirakan selesai sekitar sepekan sejak hari ini," kata Umar.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu dan Camat Kecamatan Angkola Selatan Dodi Kurniawan secara terpisah dalam kesempatan ini senada mengucapkan terimakasih kepada seluruh yang terlibat utamanya PT ANJ dalam perbaikan ruas  jalan itu demi kepentingan umum.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022