Kegiatan operasi " Zebra Toba 2022" di wilayah Kabupaten Padang Lawas ( Palas) dilaksanakan ( digelar) mulai hari ini ( Senin, 3 Oktober 2022) hingga pada  tanggal 16 Oktober 2022 mendatang, oleh tim gabungan TNI - Polri bersama petugas Dishub dan Satpol PP Palas. 

Informasi pelaksanaan operasi " Zebra Toba 2022" serentak dijajaran Polda Sumut, termasuk wilayah Polres Palas ini, disampaikan Kapolres Palas Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, M.Si saat meminpin apel petugas gabungan persiapan kegiatan operasi " Zebra Toba 2022" itu, di plataran kantor Mapolres Palas, Senin (3/10) pagi. 

Sesuai amanat Kapolda Sumut Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra S. M.Si  yang dibacakan AKBP Indra pada kegiatan apel itu, tujuan pelaksanaan operasi " Zebra Toba 2022" itu, pertama untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Kedua untuk mengurangi angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas. Dan ketiga untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Sehubungan dengan tujuan operasi yang telah saya sebutkan, perlu saya sampaikan pula bahwa sasaran operasi Zebra Toba - 2022 yaitu segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata, yang menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas, baik sebelum, pada saat dan pasca operasi,"terang Kapolda Sumut Irjen Pol Drs R.Z Panca Putra S dalam kutipan amanatnya yang dibacakan Kapolres Palas AKBP Indra diacara ini.

Untuk mendukung keberhasilan operasi Zebra Toba - 2022 itu, lebih lanjut pada kesempatan ini Kapoldasu menyampaikan beberapa poin penekanan yang wajib di pedomai para petugas gabungan operasi itu.

Pertama melaksanakan tugas secara profesional, bermoral dan humanis. Kedua, optimalkan kegiatan analisa dan evaluasi secara rutin. Ketiga, tingkatkan pengawasan dan pengendalian selama pelaksanaan operasi sehingga dapat  mencegah segala bentuk penyimpangan yang hersifat kontra produktif.

Keempat, menjadi teladan dalam berlalu lintas dan senantiasa mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan bagi diri sendiri serta masyarakat pengguna jalan lainnya.


"Terimakasih kepada seluruh personel TNI - Polri, Pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya yang terlibat dama operasi Zebra Toba - 2022. Semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keihklasan ini nanti, menjadi catatan amal ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa,"tutur Kapolda Sumut dalam diakhir kutipan amanatnya yang dibacakan Kapolres Palas Kapolres Palas Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, M.Si di kegiatan apel ini.

Sebelumnya, AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, M.Si juga mengucapkan selamat datang dan terimkasih kepada seluruh peserta dan tamu undangan atas kehadiran mereka di acara ini. Melalui kegiatan apel pengecekan akhir kesiapan itu, ia berharap pelaksanaan operasi  Zebra Toba -2022 ini berjalan aman, damai dan lancar sesuai tujuan pelaksanaan operasi tersebut di Palas ke depan.

" Terima kasih sekali lagi kepada seluruh peserta dan tamu undangan kami atas kehadirannya. Kiranya sinergitas bersama ini bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua, bersama seluruh warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas kedepannya, amin,"tutup AKBP Indra.

Pelaksanaan kegiatan apel operasi "Zebra Toba -2022" ini turut disaksikan Plt Bupati Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu, Kadishub Palas Ronny Syaiful, Kasat Pol PP dan Damkar Palas Agus S Daulay, Ketua PAMK Polres Palas H Pauzan Hamidy Hasibuan dan sejumlah tamu undangan lainnya. Kegiatan apel tersebut turut diikuti Kasat Lantas Polres Palas AKP Alfian Arbi SH dan sejumlah PJU, perwira dan anggota Polres Palas lainnya..


Sibuhuan, 3/10-2022


Ket foto : Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, M.Si sematkan pita secara simbolis kepada sejumlah petugas gabungan apel operasi "Zebra Toba 2022" di Plataran Kantor Mapolres Palas, jalan lintas Sibuhuan - Sosa, Desa Bulu Sonik, Kecamatan Barumun, Senin (3/10) pagi. 

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022