Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly P.Pasaribu mengajak kelompok Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) di kabupaten itu untuk dapat mengembangkan baitul maal wat tamwil (BMT).

"Kehadiran BMT (bentuk koperasi syariah) akan dapat membantu usaha sesama anggota atau menambah kas BKMT," kata Bupati dalam keterangan diterima, Rabu (21/9).

Misalnya, kata Dolly, para jamaah BKMT menabung Rp500 - Rp1.000 setiap dalam pertemuan (pengajian), maka lama kelamaan tabungan BMT dapat menjadi modal usaha anggota BKMT khususnya.

"Tabungan yang terkumpul banyak, pada akhirnya akan dapat membantu anggota BKMT yang membutuhkan modal produktif untuk membuka usaha. Seperti membuka rumah makan, home industri dan lainnya," sebutnya.

Menurut Bupati dan Ketua TP PKK Tapsel Ny Rosalina Dolly Pasaribu bilamana koperasi syariah (BMT) di efektifkan diyakini kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya anggota BKMT juga bisa semakin meningkat.

Motivasi pengembangan koperasi syariah itu pula yang disampaikan Bupati kepada Kelompok  pengajian BKMT Nurul Hidayah, Kecamatan Angkola Selatan.

"Motivasi tersebut tidak lepas upaya mewujudkan masyarakat Tapsel termasuk kelompok BKMT yang sehat, cerdas, dan sejahtera," katanya.

Dalam kesempatan pertemuan dengan BKMT Nurul Hidayah, Bupati yang didampingi Ketua TP PKK juga menyerahkan bantuan sembako kepada kelompok lanjut usia.
 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022