Pemkab Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara berupaya meningkatkan kompetensi pramuwisata yang ada di daerah itu, karena pramuwisata yang kompeten dinilai sangat penting dalam upaya menaikkan performa sektor pariwisata.

"Itu mengapa kami sangat mendukung digelarnya Sertifikasi SDM Pariwisata oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf melalui Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Serdang Bedagai," kata Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya di Seirampah, Selasa.

Ia mengatakan, tidak bisa dipungkiri jika kehadiran pramuwisata yang bersertifikasi dan kompeten akan mampu menaikkan kinerja sektor pariwisata. Begitupun di Kabupaten Serdang Bedagai yang kehadirannya diharapkan dapat mendongkrak baik dari sisi pengunjung hingga citra tempat wisata itu sendiri.

Untuk menarik pengunjung, tidak bisa mengandalkan kondisi alam dan budaya saja. Pemandu wisata yang cekatan, baik, ramah, dan paham seluk beluk tempat wisata itu juga menambah nilai plus bagi wisatawan.

"Pramuwisata yang kompeten mampu menambah kenyamanan pengunjung dan sangat berdampak baik bagi sektor wisata," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengapresiasi HPI yang terus bergerak membantu Pemkab Serdang Bedagai dalam mewujudkan Sapta Dambaan (Sapda) khususnya pada poin keenam yakni Wisata Maju Terus.

"Aktifnya HPI membuat pemerintah daerah punya tambahan kekuatan untuk mewujudkan wisata Sergai yang Maju Terus. Mustahil Pemkab mewujudkan kemajuan tanpa sinergi pihak-pihak terkait yang saling mendukung," katanya.

Ia pun berharap kepada 50 pemandu wisata yang hadir ini untuk dapat memanfaatkan momen sertifikasi ini dengan sebaik-baiknya.

"Kita harapkan tidak ada calo-calo yang membuat wisatawan kurang nyaman. Oleh karena itu, jangan biarkan wisatawan kita pulang tanpa membawa pengalaman menarik dari tempat wisata yang ditujunya. Maka dari itu, berikan sikap yang ramah dari para guide sehingga bisa jadi kesan yang membuat mereka ingin datang lagi ke sini," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022