Usaha Dagang Angkola Kopi Sipirok ( UD AKS) satu dari lima usaha binaan Rumah BUMN Padang Sidempuan terpilih untuk tampil di ajang bergengsi Hybrid Expo 2022 di Gedung Sarinah, Jakarta (28 September- 2 Oktotober 2022).

"AKS satu-satunya perwakilan Rumah BUMN dari Sumatera yang terpilih," Gabe Marihot Manalu, pengelola Rumah BUMN Padang Sidempuan, di Padang Sidempuan kepada ANTARA, Sabtu (17/9).

Terpilihnya UD AKS mendapat kesempatan tampil di Hybrid Expo 2022 di gelar Kementerian BUMN dan di sponsori PLN ini merupakan satu kebanggaan dan kepercayaan yang tinggi.

"Tidak mudah untuk bisa ikut tampil dalam expo ini. Beberapa tahapan penilaian organisasi pengampu dan kurasi Sarinah harus dilalui, baru ter (di) pilih," tegasnya.

Menurut Gabe yang di dampingi anggota Rumah BUMN Padang Sidempuan UD Sholih Pohan, bahwa untuk bisa menjadi peserta expo adalah UMKM yang sudah listing dan memiliki toko di PaDi (Pasar Digital) UMKM Market Place serta sudah terdaftar.

"PaDi UMKM menjadi jembatan ke ekosistem perjalanan UMKM sekaligus mengoptimalkan dan mendorong efisiensi transaksi belanja BUMN dan memperluas akses permodalan usaha," katanya.

Lebih jauh dikatakan dengan ikut tampil di hybrid expo 2022 akan membuka peluang bisnis usaha khususnya Angkola Kopi Sipirok lebih besar luas lagi ke depan.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencatat hingga akhir 2021 telah memfasilitasi 13.692 bisnis UMKM dengan total transaksi mencapai Rp19,2 Triliun yang berasal dari 235 ribu jumlah transaksi dengan masing-masing UMKM mencatatkan Rp1,4 Miliar per transaksi.

Pelaku usaha yang akan tampil di Hybrid Expo 2022 Gedung Sarinah yang terpilih sebanyak 45 UMKM termasuk UD AKS dengan berbagai produk di bawah binaan seperti Dewan Kerajinan Nasional, Kementerian Koperasi dan UKM, Rumah BUMN, Perkumpulan Pengusaha dan Profesional Nahdlyin (P2NU), Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Muhammadiyah, Bhayangkari, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), dan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) seluruh Indonesia.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022