Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, fokus pada pembangunan infrastruktur jalan desa sebagai upaya mendongkrak peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Wakil Bupati Sergai Adlin Umar Yusri Tambunan di Seirampah, Kamis, mengatakan, pihaknya telah menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu prioritas kerja.

Kebijakan prioritas itu tertuang dalam program yang dinamakan SAPDA atau Sapta Dambaan, dengan salah satu dari tujuh program tersebut adalah infrastruktur yang terintegrasi.

Menurut dia, fokus pada pembangunan infrastruktur, terutama pembangunan ruas jalan di seluruh kecamatan, bukan tanpa alasan. Ia memastikan mobilitas yang lancar akan mendukung masyarakat dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari dan kegiatan perekonomian.

"Kalau jalan mulus, ekonomi akan bagus. Semangat itulah yang memacu kami mengerahkan upaya terbaik untuk secara merata melaksanakan pembangunan infrastruktur jalan," katanya.

Baca juga: Polisi buru begal yang lukai ibu hamil di Sergai

Saat ini, pembangunan infrastruktur jalan yang sedang dikerjakan adalah jalan di Simpang Pondok Banjar, Desa Malasori, Kecamatan Dolok Masihul.

Ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Dolok Masihul dan Kecamatan Tebing Tinggi itu belum pernah tersentuh pembangunan ataupun perbaikan sejak tahun 1950-an.

Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh Pemkab Sergai ini merupakan yang pertama kalinya dalam 70 tahun.

Adlin Tambunan menjelaskan pembangunan jalan hotmix di Desa Malasori dilakukan di dua titik sepanjang 3.015 meter x 4 meter dan 472 meter x 3 meter.

Selain jalan, ia mengatakan pembangunan juga dilakukan pada tembok penahan tanah sepanjang 560 meter. Untuk dana yang digunakan, ia mengatakan sumbernya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

"Selain di Desa Malasori, saat ini pembangunan juga berlangsung di beberapa titik yaitu antara lain pembangunan tembok penahan tanah di Kecamatan Sipispis, Tebing Tinggi dan Dolok Masihul," katanya.

Pembangunan jalan juga dilakukan di Kecamatan Sipispis, Dolok Merawan, Tebing Tinggi hingga Dolok Masihul, serta pembangunan jembatan di Kecamatan Sipispis, Dolok Merawan, dan Dolok Masihul.

Baca juga: Pemkab Sergai canangkan gerakan menanam cabai

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022