Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara menghadirkan mobil layanan keliling (Yanling) yang memfasilitasi masyarakat dalam memperoleh dokumen kependudukan secara maksimal.

Kepala Dinas Dukcapil Sergai Fitriadi di Seirampah, Senin, mengatakan program layanan keliling tersebut merupakan bentuk dedikasi untuk menjangkau masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan.

"Mulai dari rekam e-KTP, pembuatan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, dan surat keterangan penduduk lainnya, petugas kami siap membantu. Khusus untuk e-KTP, saat ini masih diprioritaskan pelayanan bagi warga yang baru pertama kali melakukan perekaman atau e-KTP pemula," katanya.

Ia mengatakan Yanling Dukcapil Sergai sudah beroperasi sekitar 4 minggu di pasar rakyat Sei Rampah. Harapannhya pelayanan kependudukan di Sergai lebih mudah diakses, baik dari segi jarak maupun waktu.

Program tersebut, kata dia, mendapat respons positif dari masyarakat, karena sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan.

"Bahkan, di luar hari kerja masyarakat tetap bisa menerima pelayanan maksimal. Lokasinya juga berdekatan dengan pasar rakyat, jadi warga bisa sekalian berbelanja. Ini juga bisa menjadi daya tarik masyarakat untuk menghidupkan perekonomian di pasar rakyat Sei Rampah," katanya.
 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022