Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan kegiatan Kongres ke-2 Umat Islam Sumut tidak hanya kegiatan ukhuwah, politik, sosial dan ekonomi, melainkan juga merupakan kebangkitan Islam di daerah tersebut.

"Melalui Kongres Umat Islam itu, diharapkan dapat mempersatukan umat dan menjalin kekompakan diantara sesama," ucap Edy, ketika menyampaikan sambutan pada Pembukaan Kongres ke-2 Umat Islam Sumut di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, Jumat.

Edy menyebutkan, melalui kongres ini dapat mempersatukan umat Islam dan dapat mendukung program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar semakin lebih baik lagi.

Selain itu, umat Islam tetap mendukung segala kegiatan yang dilaksanakan pemerintah untuk kepentingan kemaslahatan masyarakat, sehingga dapat hidup makmur dan sejahtera.

"Umat Islam benar-benar sangat berjasa pada perjuangan Kemerdekaan RI, di zaman Pemerintahan Hindia Belanda, melalui tokoh-tokoh nasional seperti yang dilakukan Soekarno, Mohammad Hatta, Haji Agus Salim, Mohammad Yamin, dan tokoh-tokoh nasional lainnya," ucapnya.

Gubernur mengatakan, kegiatan Kongres Islam ini yang digelar di Kota Medan ini, juga mendapatkan sambutan dari mantan Ketua MPR RI Amien Rais, mantan Ketua Umum Pusat Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsudin, Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mataliti, dan tokoh-tokoh nasional lainnya.

"Semoga melalui Kongres ke-2 Umat Islam di Sumut dapat melahirkan konsep-konsep dasar dan realisasi Pembangunan Indonesia," kata Gubernur Sumut.

Kongres ke-2 Umat Islam di Asrama Haji Pangkalan Masyhur Medan, Jumat hingga Ahad (26-28 Agustus 2022) yang diikuti lebih kurang 600 peserta yang berasal dari Ormas Islam, yakni Muhammadiyah, Nahdatul Ulama, Al Wasliyah dan Ormas Islam lainnya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022