PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara berkomitmen untuk terus dapat mengupayakan pemenuhan kebutuhan listrik secara maksimal bagi desa-desa di wilayah Sumut.

Plh General Manajer PLN UIW Sumatera Utara Eko Prihandana, dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Jumat, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang ikut proaktif dan bekerja sama dalam proses pembangunan jaringan listrik di pedesaan seperti di Desa Hutatua, Kabupaten Tapanuli Utara.

"Saya berharap dengan hadirnya listrik PLN di Desa Hutatua, akan memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari," ucap Eko dalam acara peresmian listrik secara simbolis yang dilaksanakan di Desa Hutatua, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Baca juga: PLN UIW Sumut kampanye kendaraan listrik di Samosir

Untuk melistriki 70 pelanggan di Desa Hutatua, PLN membangun Jaringan Tegangan Menegah (JTM) sepanjang 8,8 Kilometer Sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3,5 kms dan 2 unit Gardu Distribusi berkapasitas 50 Kilo Volt ampere (kVA) dengan total investasi hingga mencapai sebesar Rp4,14 miliar.

Sementara, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan mengucapkan terima kasih kepada PLN telah bekerjasama dalam menerangi dan melistriki desa-desa yang ada di Sumut, khususnya di Kabupaten Tapanuli Utara.

"Pengoperasian listrik di Desa Hutatua ini juga berkontribusi dalam meningkatkan nilai rasio desa berlistrik di Sumut dari 98.82 persen menjadi 98.85 persen," kata Nikson.

Kepala Desa Hutatua, Tomus Manalu mengatakan, pada HUT Kemerdekaan ke-77 RI, warga masyarakat telah menikmati listrik dengan baik.

"Dengan adanya listrik ini, anak-anak bisa belajar dengan maksimal," kata Tomus.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022