Sekda Kabupaten Padang Lawas ( Palas) Arpan Nasution, S.Sos meminpin kegiatan apel kesiapan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla), di Plataran Kantor Mapolres Palas, jalan lintas Sibuhuan - Sosa, Desa Bulu Sonik, Kecamatan Barumun, Jumat (12/8) sore.


Sambutan Gubernur Sumut H Edy Rahmayadi yang dibacakan Sekda Palas Arpan Nasution diacara ini, menyebutkan kegiatan apel kesiapan penanggulangan Karhutla seperti ini, digelar serentak di seluruh Kabupaten /Kota se - Sumut.

Selain untuk kesiapan personel petugas gabungan, beserta sarana dan prasana penganggulangan penanganan kejadian Karhutla apabila sewaktu - waktu terjadi, kegiatan apel tersebut, tambah Sekda, bertujuan untuk mengingatkan semua pihak tentang pentingnya menjaga, serta memelihara kelestarian hutan dan lahan di wilayah Sumut, termasuk di Kabupaten Padang Lawas kedepan.

"Kebakaran hutan dan lahan menyebabkan terganggunya ekosistem, dan kerusakan lingkungan. Juga menghambat pertumbuhan ekonomi, serta menyebabkan gangguan kesehatan, seperti pernafasan yang disebabkan kabut asap,"terang Sekda.

"Untuk itu, pada kesempatan ini saya mengajak seluruh warga masyarakat Kabupaten Padang Lawas supaya bersama - sama mengantisipasi agar tidak terjadi kejadian kebakaran hutan dan lahan, dengan tidak melakukan pembakaran sembarangan,"lanjutnya.

"Dan bagi siapa saja terbukti sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan sembarangan kedepan, akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku,"tandas Sekda.

Sebelumnya, di kesempatan ini Sekda Arpan mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta dan tamu undangan atas kehadiran mereka di kegiatan apel tersebut. Ia berharap, melalui kegiatan apel tersebut, dapat mengantisipasi kejadian karhutla di Palas kedepan.

Acara apel gabungan yang melibatkan peserta personel TNI / Polri, bersama petugas dari Satpol PP dan Damkar Palas, BPBD Palas, Dishub Palas, DLHK Palas dan petugas Dinas Kesehatan Palas, serta tim manggala agni ini turut dihadiri Kapolres Palas AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, Wakil Ketua DPRD Palas Sahrun Hasibuan, Ketua PN Sibuhuan Lulil Djatikumoro SH, MH,  Pabung Kodim 0212 /TS Kapten ARH Saleh Hasibuan, Kadis Pertanian Palas Falah Alfitri, Kabid Pembangunan Dinas PMD Palas Nirwan Gunawan Harahap, Kasi BB Kejari Palas Paul Dera Brata Sinulingga dan sejumlah pegawai mewakili Dinas Lingkungan Hidup Palas, BPBD Palas, Satpol PP dan Damkar Palas, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Pewarta: Ashari Hasibuan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022