Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melaporkan sebanyak 46 pasien COVID-19 di daerah tersebut dinyatakan sembuh pada Minggu sehingga akumulasinya bertambah menjadi 152.553 kasus.
 
"Sebanyak 46 pasien COVID-19 yang sembuh ini merupakan kasus transmisi lokal," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Sumut dr Nora Nasution melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan, Minggu malam.
 
Selain adanya tambahan kasus kesembuhan, kata dia, terjadi juga penambahan jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 61 orang yang merupakan kasus transmisi lokal.
 
Nora menyebut bahwa penambahan kasus baru COVID-19 itu didapat dari hasil pemeriksaan 2.487 spesimen yang dilakukan per 8 Juli 2022.
 
"Total akumulasi kasus COVID-19 di Sumut saat ini menjadi 156.438 kasus konfirmasi positif," katanya.
 
Kemudian, untuk kasus kematian akibat COVID-19 di Sumut bertambah satu jiwa sehingga total menjadi 3.265 orang.
 
Dengan demikian, total kasus aktif atau pasien yang tengah menjalani perawatan dan isolasi akibat COVID-19 saat ini berjumlah 620 orang.
 
Ia mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.
 
Ia juga mengajak seluruh masyarakat segera melengkapi vaksinasi hingga vaksin ketiga sebagai upaya pencegahan terhadap penularan COVID-19 di wilayah Sumut.
 
"Disiplin menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi adalah langkah untuk mencegah penularan COVID-19," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022