Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang turut mendukung suksesnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Women 20 (W20) di Danau Toba sehingga berlangsung aman dan kondusif.

Menurut dia, KTT W20 yang digelar selama empat hari di kawasan Danau Toba, Parapat dan Samosir, berjalan aman, lancar dan sukses tanpa adanya gangguan.

"Saya mengapresiasi seluruh personel yang bertugas mengamankan KTT W20 dengan loyalitas penuh dedikasi dan tanggung jawab memberikan rasa aman dan nyaman kepada para delegasi dari negara-negara sahabat yang menghadiri ajang internasional tersebut," kata Panca dalam keterangan tertulis di Medan, Minggu.

Panca menyebutkan keberhasilan penyelenggaraan KTT W20 tidak terlepas dari pengamanan yang dilakukan oleh jajaran TNI dan Polri serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

W20 Summit Indonesia 2022 berlangsung pada 18-22 Juli 2022 yang bertujuan agar negara/pemerintah dapat menempatkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan sebagai pusat diskusi global dalam jalur pemulihan ekonomi pasca COVID-19, mempromosikan pembangunan berkelanjutan, dan investasi untuk pertumbuhan inklusif.

"Semoga dengan diselanggarakannya kegiatan ini dapat memberi dampak positif menjadikan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas pariwisata dan meningkatkan citra Indonesia di dunia internasional khususnya di dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia," kata Kapolda Sumut.

Sebanyak 681 personel Polda Sumatera Utara dan Polres jajaran dilibatkan dalam rangka pengamanan Operasi Toba W-20 2022 di Parapat, Kabupaten Simalungun.

Ke-681 personel Polda Sumut dan Polres jajaran itu terdiri atas 486 personel Satker Polda Sumut,18 personel Polresta Deli Serdang, 72 personel Polres Simalungun, 44 personel Polres Toba, 40 personel Polres Samosir, dan 21 personel Polres Tapanuli Utara.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022