Sebanyak 25 camat se-Kabupaten Asahan berramai-ramai berkunjung ke Kota Yogyakarta untuk melakukan studi tiru pengembangan pelayanan dan peningkatan potensi daerah serta inovasi.

Bupati Asahan H Surya yang ikut berkunjung mengatakan studi tiru bertujuan untuk mengoptimalkan, mengimplementasikan serta mewujudkan pengembangan sistem pelayanan serta inovasi di kecamatan dengan cara menggali segala potensi yang ada di kota Yogyakarta agar nantinya bisa diterapkan di Kabupaten Asahan. 

“Kami berharap Pemkot Yogyakarta dapat membantu dalam memberikan informasi tentang pelayanan serta inovasi kecamatan di Pemerintah Kota Yogyakarta," ucap Bupati saat menghadiri acara tersebut, Kamis (23/06).

Mewakili Wali Kota Yogyakarta, Sekretaris Daerah Aman Tunawijaya mengatakan bahwa pihaknya sangat senang menerima kunjungan pihak Pemkab Asahan. "Kita siap sharing tentang praktjk-praktik yang terbaik bagi pelayanan terhadap masyarakat serta untuk  kemajuan bersama,” Ujar Aman.

Sekda menjelaskan, luas Yogyakarta 35,5 km persegi dengan 417 ribu penduduk, APBD Rp2,7 triliun, dan PAD Rp650 milyar. Reformasi birokrasi sejak 2015 telah berjalan,  assesor, agent of change, pola pikir budaya kerja, telah diterapkan. Merit sistem diterapkan secara bertahap dan nama jabatan telah ditetapkan tidak lagi ada nama jabatan staf di Yogyakarta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Syamsuddin menambahkan, untuk mewujudkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat maka Pemkab Asahan  melakukan koordinasi pelayanan publik dalam mendukung pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan di Kabupaten Asahan ke DIY Yogyakarta mulai dari tanggal 22 s/ 25 Juni 2022.

“Kegiatan ini  mengikutsertakan seluruh camat di kabupaten Asahan, hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan salah satu bentuk totalitas Pemkab Asahan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," ungkap Kadis.

Dalam pertemuan itu, Pemkab Asahan dan Pemkot Yogyakarta saling bertukar cinderamata. Kemudian usai melakukan acara di Pemkot Yogyakarta rombongan Pemerintah Kabupaten Asahan melakukan kunjungan ke Kemantren Kotagede untuk melihat langsung pelayanan yang diterapkan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022