Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera bagian utara (Sumbagut) menyiapkan 46.456 kiloliter avtur untuk mendukung kebutuhan penerbangan haji dari Padang, Medan, Aceh dan Batam.

"Selain avtur, Pertamina juga menyiapkan sumber daya manusianya untuk kelancaran distribusi bahan bakar itu," ujar Area Manager Communication Relation & CSR Sumbagut PT Pertamina Patra Niaga, Taufikurachman, di Medan, Jumat (3/6).

Dari 46.456 kiloliter tersebut, sebanyak 15.200 kiloliter disiapkan untuk melayani avtur penerbangan haji dan penerbangan reguler di Bandara Kualanamu.

Untuk kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), Pertamina juga menyiagakan sedikitnya ada 154 orang Certified Refueler Operator (CRO) dan 59 supervisor untuk melayani pengisian avtur.

"Sudah dua tahun tidak ada pelayanan penerbangan haji. Alhamdulillah, tahun ini kembali melayani penerbangan haji dan Pertamina siap menjalankan tugasnya," ujarnya.

Berdasarkan informasi, calon jamaah haji embarkasi Padang, siap diterbangkan dalam delapan kloter. Kemudian jamaah embarkasi Medan 10 kloter, Aceh enam kloter dan 12 kloter dari Batam.

Sementara itu, Operasional Head DPPU Kualanamu, M. Cholfi mengatakan pihaknya menyiapkan sejumlah 31 orang CRO dan tujuh unit kelancaran pengisian avtur di Medan.

"DPPU Kualanamu siap melayani kebutuhan avtur penerbangan haji," ujarnya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022