Dibuka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, Wali Kota Medan Bobby Nasution menghadiri pembukaan ekspo dalam rangka HUT ke-22 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2022 di Gedung Graha Wangsa, Kota Bandar Lampung, Jumat (27/5).

Selain Wali Kota Bogor Bima Arya yang menjabat Ketua Dewan Pengurus Apeksi, HUT ke-22 Apeksi ini bertema "Kebangkitan Ekonomi Melalui Kolaborasi Multi Pihak" juga dihadiri oleh seluruh wali kota se Indonesia.

Sejumlah agenda kegiatan turut mengisi perayaan HUT Apeksi yang berlangsung dari 26 hingga 29 Mei mendatang tersebut.

Usai acara pembukaan, Bobby Nasution bersama seluruh wali kota selanjutnya melihat stan berbagai pemerintah kota yang mengisi ekspo di Gedung Graha Wangsa.

Orang nomor satu di Pemkot Medan ini juga mengunjungi beberapa stan daerah lain, di antaranya Kota Bandar Lampung, Kota Lubuk Linggau dan Kota Tasikmalaya.

Namun ada yang menarik saat di stan milik Kota Medan, karena menantu Presiden Joko Widodo ini sempat manortor bersama ketua APEKSI yang diiringi lagu 'Anak Medan' dan 'Biring Manggis'.
 
Wali Kota Medan Bobby Nasution (kedua kanan) sempat manortor di HUT ke-22 Apeksi 2022, Bandar Lampung, Jumat (27/5/2022). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)


Kehadiran Wali Kota Medan Bobby Nasution disambut antusias oleh pengunjung ekspo dan selalu membalas sapaan yang ditujukan kepadanya.

Di stan Kota Medan menghadirkan produk UMKM karya para perajin, Bobby Nasution mengatakan, Pemkot Medan berupaya melakukan pembinaan pelaku UMKM di berbagai orientasi, termasuk kalangan anak-anak muda.

"Tidak itu saja, kita juga membantu usaha ibu rumah tangga mengalami dampak COVID-19, seperti istri nelayan. Kita juga tengah kurasi data membantu keluarga yang anaknya terkena stunting (kekerdilan)," tuturnya.

"Sebab stunting terjadi akibat kondisi perekonomiannya. Untuk itu, kita berupaya membantu agar terjadi pergerakan ekonomi bagi mereka," kata Bobby Nasution.

Wali kota juga menerangkan, Pemkot Medan telah memberikan panggung bagi pelaku UMKM perajin baju melalui kebijakan pemakaian baju daerah setiap Jumat bagi seluruh ASN di lingkungan Pemkot Medan.

"Alhamdulillah, kebijakan itu sudah berjalan. Insya Allah, sesuai tema Apeksi kali ini lewat kolaborasi multi pihak, kita bersama-sama mengangkat UMKM di daerah kita masing-masing," ujar Bobby Nasution.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022