Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung Kanwil Kemenkumham Sumut, Leonard Silalahi melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Muhammad Nurdin Tanjung mengungkapkan, Direktorat Keamanan dan Ketertiban Dirjen Pemasyarakatan Abdul Aris menekankan sejumlah poin penting kepada seluruh petugas dalam kunjungannya ke Rutan Tarutung.

"Pak Direktur Keamanan Dirjen Pemasyarakatan menekankan pentingnya deteksi dini dalam upaya pemberantasan narkoba serta meningkatkan sinergitas dengan aparat penegak hukum," ungkap M Nurdin Tanjung, Selasa (24/5).

Dikatakan, di tengah kunjungannya, Abdul Aris juga menyaksikan gelar razia kamar hunian WBP dengan melibatkan Tim Satops Patnal PAS dan Direktorat Keamanan dan Ketertiban serta Aparat Penegak Hukum dalam rangka Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan peredaran Gelap Narkotika.

"Sebelum kegiatan dimulai seluruh jajaran diberi arahan oleh Tim dari Direktorat Keamanan dan Ketertiban agar seluruh petugas bersikap sopan dan humanis melakukan penggeledahan kamar hunian WBP serta lebih teliti melakukan pemeriksaan barang-barang terlarang di dalam kamar hunian," sebutnya.

Adapun barang hasil razia tersebut akan diinventarisir dan diamankan di dalam lemari penyimpanan barang bukti, dan selanjutnya akan dilakukan pemusnahan.

Setelah selesai melaksanakan razia bersama kamar hunian WBP dilanjutkan dengan kegiatan tes urine bagi petugas dan warga binaan dengan hasil negatif narkoba. 

"Pentingnya untuk melakukan deteksi dini, memberantas narkoba serta meningkatkan sinergitas dengan aparat penegak hukum menjadi poin yang ditekankan," tukas M Nurdin.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022