Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang akan dilaksanakan di 60 desa di seluruh Labuhanbatu Utara diikuti 180 calon kepala desa (Cakades). Pilkades akan berlangsung pada Rabu (25/5).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Labura M Nur Lubis kepada wartawan via telepon, Selasa. "Ada 180 calon kepala desa yang akan bersaing di 60 desa yang melaksanakan Pilkades serentak," katanya.

Sebagian besar desa hanya diikuti dua kontestan. Namun beberapa diantaranya ada yang diikuti 3, 4 dan 5 kandidat. Dari sejumlah peserta, diantaranya merupakan petahana.

Baca juga: Amankan dan sukseskan Pilkades, 3.475 personil dikerahkan

Namun ada juga beberapa desa yang kepala desa sekarang tidak menyalonkan diri lagi untuk periode selanjutnya seperti Kepala Desa Sonomartani Kecamatan Kualuhhulu Prabowo dan Kades Damuli Kebun Kecamatan Kualuhselatan H Saiful Tanjung.

Awalnya direncanakan Pilkades serentak akan diikuti 62 desa. Namun karena perkembangan yang terjadi, dua desa yaitu Kualabangka di Kecamatan Kualuhhilir dan Simangalam di Kecamatan Kualuhselatan ditunda.

Menjelang pelaksanaan Pilkades serentak di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok tersebut, muncul berada dinamika seperti penolakan atas keputusan panitia hingga aksi demo ke kantor bupati, gedung DPRD dan kantor Kakan Kemenag Labura.

 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022