Sebanyak 60 desa di Labuhanbatu Utara akan melakukan pemilihan kepala desa serentak Rabu (25/5). Terkait dengan hal itu, dikerahkan petugas pelaksana dan pengaman sebanyak 3.475 personil.

Bupati Labura Hendriyanto Sitorus SE MM memimpin upacara apel gelar pasukan Operasi Mantap Huta Toba Tahun 2022 di alun-alun Pemkab Labura, Selasa. Peserta apel terdiri dari personil Polri, TNI, Linmas dan lainnya.

Hadir dalam acara itu Wabup H Samsul Tanjung ST MH, Ketua DPRD H Indra SB Simatupang SH MKn, Kapolres AKBP Anhar Arlia Rangkuti SIK, Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul K Harahap dan Sekdakab HM Suib Sitorus SPd MM.

Dalam arahannya, bupati antara lain mengingatkan, potensi kerawanan dapat terjadi pada proses tahapan hingga penetapan kepala desa nantinya. Karena itu, apel gelar pasukan ini diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat pada Pilkades itu.

"Selain untuk pengecekan kesiapan pengamanan Pilkades, apel gelar pasukan ini juga dimaksud untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap semua unsur pelaksana dan pengamanan agar dalam pelaksanaan dapat berjalan sesuai dengan harapan kita bersama," katanya.

Dijelaskannya, personil yang dilibatkan dalam tugas pengamanan Pilkades Labura tahun 2022 berjumlah 3.475 personil. Terdiri 861 personil Polri, meliputi 120 personil BKO Brimob Polda Sumut, 7 personil BKO Dit Intelkam Polda Sumut, 7 personil BKO Bid Propam Polda Sumut, 7 personil BKO Dit Reskrimum Polda Sumut, dan 720 personil Polres Labuhanbatu. 

Personil TNI sebanyak 124 personil, Linmas 716, dan petugas panitia pemilihan kepala desa sebanyak 1.790 orang dengan rincian 5 orang per TPS. "Seluruh personil ini akan melaksanakan kegiatan penyelenggaraan dan pengamanan pilkades 25 Mei besok pada 60 desa dan 358 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara dengan jumlah pemilih sesuai DPT sebanyak 140.039 orang," terangnya.

Bupati juga memeriksa barisan peserta apel didampingi komandan upacara AKP M Amdi. Setelah itu, sebagian pasukan pengaman Pilkades itu melaksanakan show of force melintasi sejumlah titik di daerah itu.

Apel tersebut juga dihadiri para asisten, staf ahli, pimpinan OPD, para perwira utama di jajaran polres Labuhanbatu amat, Kapolsek dan Koramil yang ada di kabupaten tersebut. 
 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022