Aparatur sipil negara (ASN) wajib miliki kemampuan komunikasi dalam persaingan di era digital dan memiliki kompetensi yang merata.

Bupati Dairi, Sumatera Utara, Dr Eddy Keleng Ate Berutu di Sidikalang, Sabtu, mengatakan, communication skill atau kemampuan komunikasi dapat membantu semua aspek kehidupan dalam keseharian, sehingga akan menempa kita menjadi seorang profesional dalam tupoksi.

Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi secara akurat dan jelas adalah keterampilan hidup yang vital dan sesuatu yang tidak boleh diabaikan.

"ASN juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tidak pernah ada kata terlambat untuk melatih communication skill kita untuk meningkatkan kualitas kerja-kerja kita," katanya.

Pada hakikatnya, lanjut dia, ASN harus memiliki jiwa kepemimpinan atau leadership yang kuat dalam membina satuan kerjanya. Ada dua leadership skill, yakni, technical skill dan soft skill yang satu diantaranya meliputi skill berkomunikasi.

Menurut Eddy, communication skill atau skill berkomunikasi menjadi suatu tuntutan yang wajib dipenuhi dalam persaingan di era digital, tak terkecuali dalam pemerintahan.

"Hal ini menjadi penting untuk menghindari kesalahan penyampaian dalam satu forum, bertemu banyak orang, bahkan saat banyaknya alat komunikasi di dunia digital yang dapat menyebarkan berita-berita hoaks saat ini berakibat pesan yang disampaikan antar personal tidak tersampaikan dengan baik," katanya.
 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022