Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengucapkan terima kasih kepada tokoh agama, ulama, mahasiswa, TNI dan pemerintah daerah serta seluruh lapisan masyarakat di Sumut karena terus menjaga situasi kamtibmas kondusif.

"Selama satu tahun terakhir Sumut dalam keadaan aman, dan kondusif. Berbagai peristiwa dan kasus-kasus menyita perhatian publik kami tuntaskan. Hal ini tentu merupakan komitmen kami memberikan rasa aman kepada masyarakat," ucap Panca, Rabu.

Hal itu dikatakan Kapolda Sumut dalam silaturahim bersama tokoh agama, ulama dan pondok pesantren di Mapolda Sumut.

Panca menyebutkan, pertemuan yang dilaksanakan ini untuk menjalin silaturahim dan memohon doa dari para ulama dan tokoh agama serta terus memberikan dukungan kepada Polri dalam bertugas untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat terlebih menjelang Idul Fitri 1443 H.

"Setelah dua tahun kita tidak merayakan Lebaran dengan sanak keluarga, tahun ini kita bisa bersama-sama merayakannya. Kita jaga Lebaran kita aman dan sehat," ucapnya.

Kapolda juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemuka agama atas vaksinasi Sumut yang mencapai target. Situasi kamtibmas kondusif saat ini bukan karena kehebatan Polri sendiri tetapi kebersamaan TNI, Pemda, tokoh agama dan semua masyarakat.

"Terlihat dari capaian vaksinasi yang sudah mencapai 95,5 persen dosis 1 dari 11 juta sasaran vaksin yang ada di Sumut. Dosis 2 tercapai sejumlah 80,2 persen dan lansia dosis 1 sejumlah 85 persen serta ditargetkan dalam waktu dekat akan mencapai 70 persen dosis 2 lansia," katanya.

Panca mengatakan, tahun ini perayaan Idul Fitri 1443 H membawa nuansa baru, dikarenakan pemerintah telah memperbolehkan masyarakat untuk melaksanakan mudik ke kampung halaman dan tidak seperti tahun lalu.

Hal tersebut dapat diberikan karena tingkat vaksinasi yang tinggi serta penyebaran COVID-19 yang sudah sangat sedikit. Tentunya semua itu untuk dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat agar dapat silaturahim dengan keluarga dan meningkatkan ekonomi nasional.

"Diharapkan agar kita bersama-sama untuk terus memberikan imbauan kepada masyarakat mematuhi protokol kesehatan pada saat keluar rumah, dan utamanya penggunaan masker," jelasnya

Kapolda menambahkan, mulai 28 April 2022 Polda Sumut dan seluruh pemangku kepentingan akan menjalankan Operasi Ketupat 2022. Polri akan mengawal dan melakukan pengamanan untuk memastikan masyarakat yang melaksanakan perayaan Idul Fitri 1443 H dengan aman, nyaman dan sehat.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022