Pemerintah melakukan peningkatan irigasi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Direncanakan dibangun sebanyak 78 titik peningkatan tata guna air irigasi di Kabupaten Sergai," kata Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan di Seirampah, Kamis.

Ia mengatakan, perlu dilakukan rehabilitasi jaringan irigasi dan untuk mendukung hal itu wajib dilakukan pembangunan yang berlangsung secara partisipatif, transparan, merata dan akuntabel.

Baca juga: Pemkab Serdang Bedagai menormalisasi Sungai Belutu atasi banjir

Di Serdang Bedagai, terdapat jaringan irigasi yang menjadi kewenangan pusat dengan luas sekitar 13.910 hektar.

Program P3-TGAI di Serdang Bedagai diproyeksikan akan dilaksanakan di 7 kecamatan, dengan rincian 15 titik di Pantai Cermin, 11 titik di Pegajahan, 28 titik di Perbaungan, 4 titik di Sei Rampah, 2 titik di Serbajadi, 5 titik di Tanjung Beringin dan 13 titik di Kecamatan Teluk Mengkudu.

Ia berharap masyarakat desa dan kecamatan sebagai penerima manfaat bisa berkolaborasi dan partisipatif dalam proses pembangunan yang dilaksanakan dengan tim P3-TGAI supaya hasil dari pekerjaan yang dilaksanakan bisa sesuai rencana.

"Tak lupa kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat terkhusus kepada Kementerian PUPR dan BWS. Mudah-mudahan ini jadi satu dari berbagai program baik yang akan diimplementasikan di Kabupaten Sergai," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022