Tim Satgas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional, kilang padi dan gudang Bulog.

Sidak dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat pada saat menghadapi bulan suci Ramadhan serta mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok dan kelangkaan pasokan di pasar pasar tradisional.

"Kami tidak menemukan lonjakan harga bahan pokok yang cukup signifikan, artinya masih aman dan terkendali. Mudah mudahan sampai menjelang Ramadhan nanti tetap dalam kondisi stabil," kata Asisten Administrasi Pembangunan Pemkab Asahan, Drs. Muhilli Lubis di Kisaran, Kamis.

Muhilli yang didampingi sejumlah OPD terkait menjelaskan bahwa dari hasil peninjauan di gudang Bulog dan kilang padi di Kisaran. Masih ada stok pangan sampai hari Raya Idul Fitri.

"Harapan kami masyarakat tidak perlu panik. Beli saja bahan yang diperlukan secukupnya. Tidak usah berlebihan, apalagi sampai menimbun bahan pokok," ucap Muhili, sembari mengatakan pihaknya akan terus melakukan pemantauan ketersediaan bahan pokok dan  harga agar bisa stabil.

Muhili menjelaskan dari hasil beberapa pasar di Pajak Bakti harga sembako masih relatif stabil meskipun ada beberapa yang mengalami kenaikan, seperti daging ayam, namun masih dalam tahap yang wajar.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022