Lahan pertanian di Labuhanbatu Utara hendaknya dapat dipertahankan dan tidak beralihfungsi. Pemerintah juga banyak memberikan bantuan kepada para petani sehingga lebih memudahkan mereka dalam mengelola lahannya.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Labura H Samsul Tanjung ST MH di sela kegiatan Panen Raya yang berlangsun di Dusun III Desa Gunungmelayu Kecamatan Kualuhselatan, Kamis.

Mantan Camat Kualuhselatan tersebut juga menyebutkan bahwa makanan utama masyarakat masih nasi. Sehingga dengan mempertahankan lahan pertanian itu akan mendukung persediaan pangan di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok.

"Mari kita pertahankan lahan pertanian sehingga Desa Gunungmelayu dan Kecamatan Kualuhselatan bisa menjadi lumbung bahan pangan di Labura khususnya," sebutnya dalam acara yang dilaksanakan Dinas Pertanian itu.

Panen raya tersebut ditandai dengan menyabit padi yang dilaksanakan secara serentak oleh Wabup, Kadis Pertanian Drh Sudarija, Camat kualuhselWabup Labura H Samsul Tanjung didampingi Kadis Pertanian Drh Sudarija dan Camat KualuhselataKualuhselatan Suwedi, Kades Gunungmelayu H Saiful Tanjung, Ketua Poktan Fajar Hasbullah dan lainnya.

Lokasi yang diusahai Poktan Fajar seluas lebih kurang 50 Ha. Di hamparan tersebut terdapat tiga kelompok tani yang mengelola lebih kurang Ha lahan pertanian 

Kades Gunungmelayu H Saiful Tanjung menyebutkan, di desanya terdapat 328 Ha lahan persawahan tadah hujan. Ia berharap ke depan ada bantuan seperti irigasi sehingga para petani dapat mengolah lahannya lebih maksimal lagi.

Ia juga menyatakan, pihaknya bersama dengan elemen masyarakat lainnya berupa keras agar lahan persawahan yang ada di desa itu tidak dialihfungsikan. "Kita berupaya agar tidak terjadi alih fungsi lahan," katanya.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022