Universitas Terbuka (UT) Kota Medan mulai membekali 2.075 mahasiswa/i baru untuk program doktor, magister, sarjana dan diploma. 

Pembekalan melalui kegiatan orientasi studi mahasiswa baru (OSMB) diharapkan dapat membantu mahasiswa baru mengikuti proses pembelajaran dengan sistem pendidikan jarak jauh. 

Direktur UT Kota Medan Dra Yusrafiddin, M.Pd mengatakan kegiatan layanan pendukung kesuksesan belajar jarak jauh (LPKBJJ) dilakukan dengan dua cara yakni tatap muka dan daring atau online. 

Baca juga: USU gandeng BMKG dalam mengenal kebencanaan Geo Hidrometeorologi di Sumut

"Kegiatan tatap muka (luring) dilakukan untuk mahasiswa yang berada di Pulau Nias dan wilayah sekitar Toba dan Samosir. Sedangkan untuk mahasiswa di luar wilayah tersebut, kegiatan LPKBJJ dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima di Medan Senin (28/3). 

Yusrafiddin menambahkan OSMB dan pelatihan keterampilan belajar jarak Jauh (PKBJJ) yang merupakan bagian dari kegiatan LPKBJJ diharapkan dapat menjadi sarana suksesnya mahasiswa menempuh pendidikan di UT.

Untuk diketahui UT adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. 

Saat ini UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk jenjang Diploma dan Sarjana. 

Sejak tahun 2004, UT membuka jenjang Magister pada Program Pascasarjana dan UT membuka program Doktor sejak tahun 2019.

Saat ini Universitas Terbuka menjadi pelopor Perguruan Tinggi yang menerapkan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi . 

Tren pembelajaran yang berbasis pada teknologi cyber sudah diterapkan secara menyeluruh dalam pembelajaran di Universitas Terbuka, mulai dari proses pendaftaran, pembelajaran, hingga ujian. Bulan Maret 2022, Universitas Terbuka meraih tiga rekor muri sekaligus, yaitu sebagai jumlah mahasiswa baru terbanyak, jumlah mahasiswa PTN terbanyak, serta jumlah kelas virtual terbanyak.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022