Wakil Wali Kota Binjai Rizky Yunanda Sitepu STP. MP, menghadiri pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum berupa narkotika, psikotropika, dan benda-benda hasil tindak pidana lainnya, di Kejaksaan Negeri Binjai, di Binjai, Rabu (16/3).

Pemusnahan itu juga turut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Binjai H.M Husein Admaja SH. MH dan jajarannya,  Kepala Pengadilan Negeri Binjai, Kepala BNN Bambang Sulistio dan jajaran, Asisten III Pemko Binjai Drs Meidy Yusri serta Kepala Dinas Kesehatan dr Sugianto, Sp.OG. M.KM. 

Adapun barang bukti yang dimusnahkan dalam kegiatan ini diantaranya narkotika jenis ganja sebanyak 706.65 gram, sabu-sabu sebanyak 34.68 gram, ekstasi sebanyak 70 butir, pisau dan parang 2 bilah, handphone sebanyak 14 unit dan satu timbangan elektrik.  

Rizky Yunanda menyampaikan pemusnahan barang bukti kasus narkotika ini merupakan bukti nyata kerja Kejaksaan dan instansi terkait dalam pengentasan peredaran narkoba di Kota Binjai. 

Kegiatan ini merupakan bentuk adanya keseriusan, kesamaan gerakan, kolaborasi dan sinergi bersama antara Pemerintah Kota Binjai dengan aparat penegak hukum. 

"Terimakasih kepada jajaran Kejari Binjai yang sudah bekerjasama dengan Polres Binjai dan BNN Binjai untuk menangani peredaran narkoba ini," ucapnya. 

Ia pun berharap tidak ada satu pun dari penyelenggara negara di Kota Binjai yang terlibat dengan narkoba, baik dalam penggunaan maupun peredaran. 

Sementara itu Kajari Binjai Husein Admaja menyampaikan kegiatan pemusnahan barang bukti ini telah tiga kali dilaksanakan dalam kurun setahun ia memimpin. 

Kajari juga menyatakan tengah berupaya untuk mengurangi jumlah pengguna narkoba dari tindak pidana narkotika yang sedang didalami pihaknya. 

Ia menyampaikan, penertiban tindak pidana dan rehabilitasi juga merupakan tanggung jawab dari pemimpin daerah.

"Kita akan bekerjasama dengan Pemkot dan juga apolres untuk bisa menangani kasus peredaran narkoba di Kota Binjai," jelasnya. 

Kadis Kesehatan dr Sugianto, Sp.OG., M.KM menjelaskan narkoba berdampak buruk pada tubuh manusia, seperti gangguan pada syaraf dan daya pikir. 

Ia pun menjelaskan, secara sosial penggunaan narkoba akan mengganggu pergaulan dalam bersosialisasi di masyarakat. Ia menyampaikan terimakasihnya kepada Kajari yang telah melakukan penangkapan dan pengamanan narkoba ini. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022