Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi akhirnya bersedia mengungkapkan tiga identitas kandidat calon Sekretaris Daerah yang dikirimkannya ke Istana melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Satu marga Lubis, dua dari Jawa, saya mengirim tiga orang," ujarnya di Medan, Selasa (22/2).

Sayangnya dia tidak mau mengungkapkan secara detail ketiga nama yang dimaksud. "Tak boleh diberitahu, nanti kalau diberitahu dia gak masuk, marah lagi dia, saya tempat orang marah aja," sebutnya.

Baca juga: Edy Rahmayadi coret Lasro Marbun jadi Sekda Sumut

Di sisi lain, Edy memberikan penjelasan mengenai keputusan mencoret nama Lasro Marbun dari kandidat Sekda Sumut meski meraih nilai tertinggi. 

Menurut dia Lasro sangat tepat berada di jabatan Inspektur karena mengerti dan paham mengenai tata kelola keuangan serta teliti, bahkan juga menguasai perencanaan dan pelaksanaan kegiatan.

"Saya bukan memutuskan, saya menawarkan, (saya) perlu anda. Beliau berpfikir ya udah pak. Itulah namanya legowo dan punya harga diri. Job description sekda ini eselon I, kalau orang duduk, tempat duduknya tinggi kakinya gak cacah kan susah, apalagi berurusan dengan melakukan pengawasan dan kegiatan yang singkron dengan APBD dan APBN," ungkapnya.


Seperti diketahui Panitia seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi madya untuk memberikan penilaian terhadap enam calon Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara yang mengikuti tahapan sampai akhir. 

Seperti dilihat Sabtu (19/2) dari salinan surat pengumuman nomor 023/SPTJM/I/2022, panitia seleksi membuat peringkat berdasarkan penilaian akhir terhadap enam kandidat.

Untuk peringkat pertama yakni Hasmirizal Lubis. Pria yang menjabat Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumut itu mendapat nilai 81,99. Peringkat kedua yakni Arief Sudarto Trinugroho yang memperoleh nilai 81,72.

Di peringkat ketiga ada Agus Tripriyono dengan nilai 81,04. Posisi keempat ada Inspektur Sumut Lasro Marbun dengan nilai 80,60. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tengku Amir Fadli diperingkat kelima dengan nilai 75,52. Peringkat keenam ada nama Hamid Heriansyah Lubis dengan nilai akhir 75,26.

Pada surat pengumuman yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi Akmal Malik itu mencantumkan keterangan dapat dipertimbangkan kepada enam calon Sekda Sumut yang mengikuti tahapan seleksi sampai akhir.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022