Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi blak-blakan mengakui telah mencoret nama Inspektur Sumut Lasro Marbun dari seleksi jabatan sekretaris daerah. Walaupun diakui Edy Lasro merupakan kandidat terbaik berdasarkan hasil seleksi.

"Untuk seleksi sekda, nomor satu the best pak Lasro. Saya panggil beliau, saya minta maaf, pak Lasro tidak saya luluskan," ujar Edy saat acara pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di Aula Tengku Rizal Nurdin Medan, Selasa (22/2).

Diaku Edy, bahwa Lasro sebagai aparatur sipil negara (ASN) berkeinginan menjadi Sekda Sumut atau pejabat setingkat eselon I.

Baca juga: Sekda Tebing Tinggi : Segera laksanakan program kerja yang sudah disusun

"Saya minta maaf pak Lasro, tidak saya luluskan, saya tidak luluskan, pasti cita-cita nya mau jadi eselon I, dengan segala macam pertimbangan saya butuh dia. Perkara kesejahteraan biar kita nanti doakan," kata Edy.

Seperti diketahui Panitia seleksi pengisian jabatan pimpinan tinggi madya untuk memberikan penilaian terhadap enam calon Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara yang mengikuti tahapan sampai akhir. 

Seperti dilihat Sabtu (19/2) dari salinan surat pengumuman nomor 023/SPTJM/I/2022, panitia seleksi membuat peringkat berdasarkan penilaian akhir terhadap enam kandidat.

Untuk peringkat pertama yakni Hasmirizal Lubis. Pria yang menjabat Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sumut itu mendapat nilai 81,99. Peringkat kedua yakni Arief Sudarto Trinugroho yang memperoleh nilai 81,72.

Di peringkat ketiga ada Agus Tripriyono dengan nilai 81,04. Posisi keempat ada Inspektur Sumut Lasro Marbun dengan nilai 80,60. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tengku Amir Fadli diperingkat kelima dengan nilai 75,52. Peringkat keenam ada nama Hamid Heriansyah Lubis dengan nilai akhir 75,26.

Pada surat pengumuman yang ditandatangani Ketua Panitia Seleksi Akmal Malik itu mencantumkan keterangan dapat dipertimbangkan kepada enam calon Sekda Sumut yang mengikuti tahapan seleksi sampai akhir.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022