Dinas Kesehatan Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara menggencarkan pemberian vaksin penguat kepada masyarakat sebagai antisipasi dari ancaman penularan COVID-19 varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Taufik Ririansyah di Medan, Selasa, mengatakan capaian vaksinasi penguat di daerah tersebut 7,33 persen dari total 1,9 juta orang sasaran vaksinasi.

"Target vaksinasi dosis tiga ini sama dengan target total dosis satu dan dua, yakni 1,9 juta warga Kota Medan," katanya.

Ia memaparkan capaian vaksinasi penguat 7,33 persen atau 142. 463 orang ini terdiri atas SDM kesehatan, kelompok lanjut usia (lansia), petugas publik, masyarakat rentan dan umum, serta remaja.
 
"Vaksinasi dosis tiga ini dilakukan pada warga usia 18 tahun ke atas dan yang sudah divaksin dosis dua enam bulan sebelumnya," ujarnya.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Sumut perlahan naik, masyarakat diingatkan vaksin penguat
 
Pihaknya juga meningkatkan cakupan vaksinasi untuk dosis satu dan dua untuk kategori anak-anak dan lansia.
 
Dalam mempercepat program vaksinasi ini, pihaknya tidak hanya melaksanakannya di fasilitas kesehatan milik Pemkot Medan, melainkan juga di tempat-tempat lain dan berkolaborasi dengan aparat TNI dan Polri.

"Kita juga melaksanakan vaksinasi di kantor-kantor pemerintah maupun swasta, sekolah, rumah ibadah, dan lain-lain," ujarnya.
 
Dinas Kesehatan Medan juga akan melayani permintaan vaksinasi oleh masyarakat yang akan disesuaikan dengan jadwal yang ada dengan jumlah peserta paling sedikit 100 orang.
 
"Ini merupakan upaya kita dalam mencegah penularan COVID-19 di Kota Medan," ujarnya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022