Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut mengusulkan Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution, sebagai penerima penghargaan "Inisiator Olahraga" yang akan diserahkan Menpora Zainudin Amali pada Rakernas SIWO PWI  di Kendari, Sulawesi Tenggara, 8 Februari 2022.

"Dari pengamatan dan catatan, Kami sepakat mengusulkan Bobby Nasution menjadi penerima penghargaan Inisiator Olahraga untuk kategori kepala daerah," kata Ketua SIWO PWI Sumut, Jonny Ramadhan Silalahi, di Medan, Kamis.

Selain Bobby Nasution, ujar Jonny didampingi Sekretaris Halomoan Samosir dan Bendahara Ilham Ridwan, SIWO PWI Sumut juga mengusulkan Ketua KONI Medan Drs Eddy H Sibarani sebagai penerima penghargaan untuk kategori Ketua KONI.

"Jadi ada dua nama yang diusulkan SIWO Sumut  untuk penerima penghargaan Inisiator Olahraga, yakni Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution dan Ketua KONI Medan Drs Eddy H Sibarani. Usulan resmi terhadap  kedua nama tersebut sudah kami kirimkan ke Panitia Pusat cq Siwo PWI Pusat di Jakarta, Rabu (19/1)," katanya.

Ia mengatakan, SIWO PWI Sumut mengusulkan Bobby Nasution dengan beberapa pertimbangan, seperti sejak dilantik menjadi Wali Kota Medan Februari 2021, menantu Presiden Joko Widodo tersebut menunjukkan kepedulian dan perhatian luar biasa untuk membuat  olahraga di Kota Medan lebih menggeliat.

Ini dibuktikannya dengan menggelar kejuaraan untuk sembilan cabang olahraga memperebutkan piala dan hadiah yang disediakannya. 

Bobby atas nama Pemkot Medan juga tidak lupa mengapresiasi para pelaku olahraga dengan  memberikan tali asih bagi  patriot-patriot olahraga Kota Medan yang berprestasi di PON dan Peparnas di Papua.

Selain Bobby juga tidak sungkan mengunjungi  pemusatan-pemusatan latihan menyemangati para atlet yang menjalani pemusatan latihan. Dan ia mendukung revitalisasi  terhadap sarana dan prasarana olahraga di kota Medan agar lebih berkualitas, khususnya guna menyukseskan PON  XXI/2024 di Sumut.

Sementara terhadap Ketua KONI Medan Eddy Sibarani, SIWO PWI Sumut mencatat, Eddy dikenal sebagai inspirator dan penggagas serta pelaksanan Porkot Kota Medan, Porwil dan Porcam (Pekan Olahraga Kecamatan).

Edy Sibarani dalam mendukung sukses Sumut di  PON XXI/2024, juga  mencetuskan  Program Medan Juara dan Medan Bangkit. Dari program ini diharapkan, patriot-patriot olahraga Medan memberi  prestasi  terbaik untuk  Sumut.

"SIWO Sumut dalam programnya  terus  mendorong  upaya menggairahkan pembinaan olahraga, termasuk  mengusulkan penerima penghargaan tingkat nasional  bagi pembina-pembina  olahraga di Sumut," katanya.

Sebelum ini, beberapa tokoh dari Sumut pernah menerima penghargaan yang sama, termasuk Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wagub Sumut Musa Rajekshah, Wali Kota Tebingtinggi  Umar Junaidi Hasibuan, Bupati Asahan Surya Bsc, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, dan  Master pendiri  wushu Sumut Master Supandi Kusuma.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022