Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH SIK, bersama Forkopimda diantaranya Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Wisnu Joko Saputro, Asisten II Pemkab Langkat Drs Hermansyah MIP, melakukan ziarah  makam, dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Langkat Ke-272, Jumat (14/1).

Kunjungan pertama dilakukan ke makam Pahlawan Nasional Tengku Amir Hamzah dan keluarga di Komplex Masjid Azizi Tanjung Pura, disambut Imam besar Masjid Azizi Haji Basyaruddin.

Baca juga: Indra Salahuddin sampaikan terima kasih penyampaian reses anggota DPRD Langkat

Pada kesempatan itu Kapolres bersama Dandim dan Asisten II Pemkab Langkat mendapatkan penjelasan dari Basyaruddin yaitu Sultan pertama yang menjadi Sultan di Kabupaten Langkat adalah Sultan Musa

Pada masa itu dengan kepemimpinan beliau masyarakat sangat makmur, setelah beliau wafat  maka digantikan oleh putra beliau yaitu Sultan Abdul Aziz yang merupakan pendiri Masjid Azizi Tanjung Pura pada tahun 1902. 

Selanjutnya ziarah ke makam Tuan Guru Babussalam pendiri Thariqat Naqsabandiyah Syekh Abdul Wahab Rokan Al Qhalidy Naqsabandy.

Setelah itu melakukan ziarah ke makam Raja Ahmad Bin Indra Bungsu di Desa Kepala Sungai Kecamatan Secanggang, disambut 
Camat Secanggang Persadanta  Sembiring, Sekcam Agung Tritantio SS TP, MAP, Kapolsek Secanggang Iptu Mahruzar Sebayang SH, Kepala Desa Kepala Sungai Suriono SH.

Dimana makam Raja Ahmad bin Indra Bungsu, yaitu Raja ke X dari Aru, dari beliaulah banyak melahirkan Sultan- Sultan yang ada di Kabupaten Langkat.

Raja Ahmad merupakan ayah dari Sultan Langkat yang pertama yaitu Sultan Musa, dulu tempat ini adalah kota dalam dan dipimpin oleh dua raja, yaitu Kota dalam luar dan dalam. 
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022