Pemerintah Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, memulai melaksanakan Vaksinasi Merdeka Anak usia 6 - 11 tahun dengan sasaran 40 anak di daerah itu.

"Target kita 40 ribu anak di Kabupaten Dairi yang akan menerima vaksinasi. Untuk data anak, kita akan berkolaborasi dengan dinas terkait seperti dinas pendidikan agar semua anak tercover oleh vaksinasi ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Dairi, dr. Henry Manik di Sidikalang, Jumat.

Pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun itu ditargetkan akan dilakukan hingga tanggal 19 Januari 2022 mendatang untuk dosis pertama dengan vaksin jenis Sinovac.

Ia mengatakan, vaksinasi ini penting agar anak tidak terjangkit dan tetap terproteksi secara maksimal dari COVID-19. Sebagaimana kita ketahui bahwa anak-anak dapat berpotensi menjadi carrier yang dapat menimbulkan cluster baru di sekolah maupun di rumahnya.

"Sehingga dengan vaksinasi ini, anak tidak akan menularkan pada orangtua yang menurut data orang tua terutama lansia menjadi golongan yang pailing rentan terpapar virus ini," katanya.

Sebelumnya Bupati Dairi Eddu Keleng Ate Berutu mengatakan, semua pihak di daerah itu harus harus mensyukuri Kabupaten Dairi berada pada level 1 menuju hijau dalam penanganan pandemi COVID-19.

“Pandemi ini sangat berat, tidak ada teori khusus yang dipakai dalam penanganannya, karena semua datang secara tiba-tiba. Jadi Vaksinasi ini bertujuan agar anak kita yang sedang belajar tetap bisa mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen yang tentunya dengan protokol kesehatan," katanya.

Bupati menyebut, Dairi menjadi bagian dari 30 besar kabupaten/kota yang sudah diizinkan melakukan vaksinasi untuk anak-anak. Dairi juga menjadi salah satu kabupaten terbaik dalam pelaksanaan vaksinasi.

Ia menambahkan salah satu syarat pelaksanaan vaksinasi untuk anak adalah apabila vaksinasi bagi orang dewasa sudah berjalan minimal 70 persen.

"Dan agar kita ketahui bersama pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Dairi sudah berjalan lebih dari 80 persen.Ini yang menjadikan kita masuk dalam 30 besar dari 244 kabupaten/kota se- Indonesia yang penanganan vaksinasinya termasuk paling baik dan cepat," demikian Eddu Keleng Ate Berutu.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022