Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) BMKG Jakarta melakukan sosialisasi 6 produk unggulan dari Puslitbang BMKG di kantor Stasiun Meteorologi Silangit pada Kamis, 6 Januari 2022.

Kepala Puslitbang BMKG, Dr. Nelly Florida Riama dalam kunjungannya ke BMKG Silangit menjelaskan, BMKG melalui Puslitbang penting untuk membantu operasional di kawasan Danau Toba. 
Nelly yang merupakan putri Toba, BMKG saat ini perlu mendorong layanan BMKG di bidang Meteorologi, Klimatologi, Geofisika dan kualitas Udara dikawasan Danau Toba, hal ini melihat potensi bencana Geo-Hydrometeorologi yang sering terjadi di Kawasan Danau Toba. 

Puslitbang BMKG merupakan organisasi BMKG yang telah terakreditasi olej Komite Nasional AKreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan (KNAPPP) dan saat ini sudah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Pemodelan Hidrometeorologi dan Gempabumi oleh Kemenristek-BRIN. 

Baca juga: Dukung Food Estate, BMKG tinjau Food Estate Humbahas

BMKG dituntuk untuk layanan informasi MKG sampai kemasyarakat lokal. Saat ini 6 produk unggulan Puslitbang adalah Ina Rason versi 2 untuk mengintegrasikan data Radio sonde BMKG Indonesia untuk membantu forecaster dalam membuat analisa data udara atas mengenai fenomena atmosfer di Indonesia. 

Aplikasi peringatan dini kebakaran hutan dan tutupan lahan berbasis hotspot dan iklim di wilayah ASEAN versi 2 dengan tambahan input HTH, informasi peringatan dini yang menyajikan informasi pemantauan potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan jangka panjang (prediksi hingga 7 bulan ke depan). 

SQES yaitu sistem pemantauan otomatis kualitas data stasiun seismic secara realtime, harian dan bulanan serta sistem evaluasi kualitas data secara objektif menggunakan beberapa parameter. 
Model InaNWP yaitu model regional yang dikembangkan oleh BMKG dengan menggunakan Weather Research Forecasting yang berasimiliasi dengan data observasi BMKG. 

Getsafe yang merupakan prototype aplikasi yang dikembangkan untuk membantu masyarakat dalam memahami wilayahnya terhadap bencana gempabumi dan tsunami. Dan produk B-Value merupakan sistem monitoring nilai paramaeter B - value untuk memudahkan monitoring prekusror gempabumi. 

Ke enam produk ini diharapkan dapat mendukung operasional BMKG. Puslitbang BMKG siap hadir untuk mendukung operasional BMKG di Indonesia, khsususnya di Super Perioritas Wisata, Kawasan Danau Toba dan Kaldera Toba

Sementara Kepala UPT BMKG Silangit, Romauli Kristiana Sirait, M.Si. dalam sambutannya menjelaskan, BMKG Silangit sangat berterimakasih kepada Puslitbang yang sudah memaparkan 6 produk inovasi dan menjadi produk unggulan Puslitbang untuk di validasi di tingkat UPT BMKG, khsusunya di BMKG Silangit. 

BMKG Silangit juga tahun 2021 sudah melounching produk layanan yang disebut Aviation Weather System Silangit atau disingkat AWISS. Produk ini akan memberikan pelayanan informasi di bidang penerbangan dari kondisi cuaca di sekitar Silangit dan potensi bencana hydrometeorology.

Melanthon P Haloho selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha BMKG Silangit menjelaskan koordinasi, kolaberasi Puslitbang BMKG dan BMKG Silangit sangat dibutuhkan, hal ini menggambarkan keberadaan BMKG Silangit merupakan wajah BMKG di kawasan Super Perioritas Wisata Danau Toba dalam melayani tidak hanya Penerbangan, tetapi juga dalam Geo-Site Kaldera Toba dan Program Nasional Food Estate, sehingga koordinasi untuk pengembangan inovasi dari produk unggulan Puslitbang sangat diperlukan.


 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022