Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mencatat ada 11 daerah yang capaian vaksinasi COVID-19 untuk lansia atau lanjut usia masih di bawah 60 persen. 

Dengan begitu ke 11 daerah itu belum bisa melakukan vaksinasi untuk anak seperti sembilan daerah lainnya.

"Pelaksanaan vaksinasi anak 11 daerah belum dilaksanakan. Sebab, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih meminta untuk pelaksanaan vaksinasi dosis pertama dan kedua dan lansia di atas 60 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis ketika dikonfirmasi, Senin (3/1). 

Secara keseluruhan, menurut Ismail capaian vaksinasi untuk lansia sudah di atas 70 persen, meski 11 daerah capaian vaksinasi lansia belum 60 persen. 

Baca juga: Dinas Kesehatan pastikan belum ada penularan Omicron di Sumut

Selanjutnya mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal itu menyebutkan 11 daerah yang capaian vaksinasi lansia di bawah 60 persen. 

"Kabupatan Nias Utara, Asahan, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu, Padang Lawas, Deli Serdang, Kota Medan, Gunung Sitoli, Binjai dan Padang Sidimpuan," paparnya. 

Sedangkan capaian vaksinasi anak di Sumut, lanjut Ismail, masih 3,3 persen atau 2.486 anak. "Sembilan daerah yang melakukan vaksinasi anak sudah mencapai 3,3 persen," katanya. 

 

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022