Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) mengimbau warganya yang berada di bantaran Sungai Batang Angkola agar mewaspadai banjir kiriman dari Kota Padangsidimpuan akibat hujan lebat sedang sejak siang hingga sore dan malam.

"Melalui pengeras suara, malam ini sudah kita sampaikan agar warga berhati-hati banjir kiriman, sebab air sungai sudah mulai meluap," ujar Camat Angkola Muaratais, AM Fadhil kepada ANTARA, Selasa (14/12) malam. 

Merunut peristiwa banjir sebelum-sebelumnya, kata Camat, bilamana Padangsidimpuan banjir, wilayah Angkola Muaratais bagian hilir sungai Batang Angkoka biasanya akan terdampak.

Baca juga: Meski nihil kasus baru COVID-19, masyarakat Tapsel antusias vaksinasi

"Malam ini sekira pukul 21. 43 WIB permukaan air sungai Batang Angkola di wilayah Desa Pargumbangan, Angkola Muara tais terpantau sudah mulai naik sekitar 1,5 meter dari kondisi normal, " katanya.

Dikatakan, dengan adanya imbauan ke masyarakat hal-hal yang tidak diinginkan akibat banjir kiriman Padangsidimpuan akibat hujan deras sejak petang hingga malam ini, bisa diminimalisir. 

Sebagaimana diketahui, banjir Padangsisimpuan telah mengakibatkan bangunan permanen berlantai dua ambruk di Jalan Sudirman (eks Merdeka) amblas ke dasar sungai Aek Sibontar yang mengamuk. 

Tidak itu saja, informasi dihimpun sejumlah rumah-rumah penduduk di wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Utara dan Selatan juga tidak luput terendam air.

Sebagaimana BMKG Sumatera Utara ingatkan bahwa, Selasa (14/12) Padang Sidempuan Utara, Padangsidimpuan Selatan, Padangsidimpuan Angkola Julu hingga pukul 21.10 WIB berpotensi terjadi hujan sedang, lebat, yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021