Masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung hingga akhir tahun 2021 ini tidak menjadi penghalang bagi dosen-dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) untuk berkreasi dan menghasilkan berbagai produk yang bermanfaat bagi dunia pendidikan. 

Produk yang dihasilkan itu antara lain adalah sebanyak 23 dosen FISIP UMSU menerbitkan berbagai buku referensi, buku ajar, dan book chapter, baik yang ditulis tunggal maupun ditulis bersama.  

"Di tengah pandemi, di saat harus juga menjaga kondisi kesehatan dan bekerja dengan berbagai keterbatasan, ternyata dosen-dosen FISIP UMSU masih bisa berkreasi dan menghasilkan karya buku. Untuk ini, rasa salut dan apresiasi yang sangat tinggi kami sampaikan,” ujar Dekan FISIP, Dr. Arifin Saleh, MSP setelah menerima beberapa buku karya dosen di ruangannya, Sabtu (11/12).

Baca juga: UMSU kembali juara kampus terbaik LLDikti Sumut

Menurut Arifin, selain menjadi kebanggaan pribadi bagi dosen, wujud eksistensi dan bukti jejak rekam, buku-buku ini juga pasti akan bermanfaat untuk institusi prodi, fakultas, dan universitas. 

Buku hasil karya dosen itu juga akan menambah kekuatan program studi dalam menghadapi proses akreditasi selanjutnya. 

23 Dosen FISIP UMSU yang menulis dan menghasilkan buku itu adalah Prof. Dr. Agussani, Dr. Rudianto, Dr. Arifin Saleh.

Dr. Yan Hendra, Dr. Muhammad Said Harahap, Dr. Muhammad Thariq, Dr. Mohd. Yusri, Dr. Ribut Priadi, Dr. Siti Hajar, Dr. Leylia Khairani, Abrar Adhani, M.IKom, Lutfi Basit, M.IKom, Nurhasanah Nasution, M.IKom, Nalil Khairiah, MPd, Yurisna Tanjung, MAP, Efendi Agus, M.Si, Sigit Hardiyanto, M.IKom, Faizal Hamzah Lubis, M.IKom, Akhyar Anshori, M.IKom, Fadhil Pahlevi Hidayat, M.IKom, Agung Saputra, MAP, Ananda Mahardika, MSP, dan Jehan Ridho Izharsyah, M.Si.

Beberapa judul buku yang dihasilkan antara lain Peristiwa Dalam Bingkai Foto Jurnalistik (UMSU Press), Periklanan dan Manajemen Media (UMSU Pers), Isu-Isu Global & Kontemporer, Analisis dan Fakta Lapangan (UMSU Press), Pemerintahan Desa dan Kualitas Pelayanan Publik (UMSU Press), Membangun Daerah dalam Perspektif Makro dan Mikro (UNISMA Press).

Silua Politik, Pemberdayaan Masyarakat dan Covid-19 (Gerhana Publishing), KITA DAN CORONA, Catatan Kritis di Tengah Pandemi Covid-19 (Buku Litera), Demokrasi Tanoh Gayo (Bandar Publishing), Pemberdayaan Sosial Masyarakat Desa Melalui Lifeskill yang Berbasis Kearifan Lokal (UMSU Press).

Sejarah Politik dan Kekuasaan (Yayasan Kita Menulis), Perencanaan Pembangunan Daerah dan Kebijakan Daerah 2021 (UMSU Press),  Hijrah: Gerakan Sosial Baru Kaum Muda Muslim (Pena Persada). 
 

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021