Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, menggelar Gebyar Gerakan Indonesia Membaca (GIM) yang dipusatkan di GOR Sidikalang sebagai upaya mendorong masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca.

"GIM merupakan program pemerintah untuk mewujudkan minat membaca kepada masyarakat," kata Plh Sekda Dairi, Budianta Pinem di Sidikalang, Kamis (9/12).

Ia mengatakan, gerakan literasi nasional merupakan salah satu upaya pemerintah dalam hal ini Kemendikbud untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Baca juga: Pemkab Dairi terima penghargaan dari BPJS Kesehatan

Gerakan tersebut melingkupi empat bagian yakni gerakan literasi sekolah, gerakan literasi keluarga, gerakan literasi bangsa dan gerakan literasi masyarakat.

"Literasi merupakan inti kemampuan dari modal utama seseorang dalam belajar dan menghadapi tantangan -tantangan masa depan," katanya.

Ia mengatakan, pembelajaran literasi yang bermutu adalah kunci dari keberhasilan seorang individu di masa depan.

Untuk itu dibutuhkan pembelajaran literasi yang bermutu pada semua mata pelajaran bagi anak-anak kita. Terlebih saat ini banyak orang yang mulai meninggalkan membaca buku dan lebih memilih untuk bermain dan sibuk dengan gadget mereka.

Untuk itu Pemkab Dairi memiliki komitmen secara terus menerus dalam pembangunan sumber daya manusia yang menjadi salah satu misi pembangunan daerah Kabupaten Dairi.

Di tahun 2021, Kabupaten Dairi telah mendapatkan bantuan mobil pintar dari Perpustakaan Nasional dan pada tahun 2022 akan dibangun gedung perpustakaan bertingkat.

"Keseluruhan akses bantuan ini sangat diharapkan akan mampu mengembangkan literasi bagi masyarakat khususnya bagi anak-anak didik kita," demikian Budianta Pinem.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021