Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mengimbau warga selalu mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD), terutama di musim hujan yang saat ini melanda sebagian wilayah di daerah tersebut.
 
"Tetap waspadai penyakit-penyakit yang mungkin muncul saat musim hujan, seperti DBD," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis di Medan, Minggu (5/12). 
 
Warga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dan melakukan aktivitas menguras, menutup tampungan air dan mengubur barang yang berpotensi menampung air.

Baca juga: Peduli dampak banjir, Tim Lanal TBA periksa kesehatan warga
 
Karena, menurut dia, penyakit demam berdarah ini biasanya menyebar di kawasan yang padat penduduk, perkotaan dan daerah dengan drainase yang kurang baik.
 
"Untuk itu harus menjaga kebersihan lingkungan, sehingga tidak terjadi kemungkinan genangan air yang bisa memunculkan jentik nyamuk aedes aegpty," katanya.
 
Ia menyebut kewaspadaan oleh masyarakat itu penting, walaupun jumlah kasus demam berdarah yang tercatat oleh Dinas Kesehatan Sumut pada tahun ini belum terlalu signifikan.
 
Ia meminta masyarakat yang terkena demam berdarah agar tidak segan-segan melaporkannya ke puskesmas terdekat atau ke dinas kesehatan.
 
"Segera lapor kalau terjadi gejala penyakit DBD," katanya.

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021