Buah dan benih yang dihasilkan di Provinsi Sumatera Utara diyakini memiliki kualitas untuk bisa di ekspor ke negara lain. 

Keyakinan ini disampaikan Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis saat mengunjungi Festival Benih dan Buah di Jalan Batalyon Kavaleri VI Nomor 2, Asam Kumbang Medan, Sabtu (4/12).

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut itu menampilkan 24 stan UPT Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dari kabupaten/kota di Sumut turut meramaikan pameran festival tersebut.

Berbagai jenis buah dan bibit unggul dipamerkan, menurut Nawal, merupakan potensi ekspor yang cukup menjanjikan, bila dapat dibudidayakan oleh petani di daerah ini.

"Tadi semua stan di sini saya lihat dan kunjungi. Saya lihat cukup bagus hasil buah dan benih yang dipamerkan, dan ini cukup menjanjikan, hasil buah ini untuk ekspor," ujar istri Gubernur Edy Rahmayadi itu. 

Dari segi kualitas dan kelayakan, menurut Nawal sudah sangat pantas, dan saat ini yang utama menurutnya adalah bagaimana mendorong petani membudidayakan ini nantinya.   

Sementara itu Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Bahruddin Siregar mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya saing benih dan buah unggul yang ada di Sumut. Kegiatan ini juga bertujuan promosi pada masyarakat bahwa Sumut memiliki benih paritas unggul.

"Di sini yang ikut festival adalah benih varietas unggul yang belum bersertifikat. Kalau sudah bersertifikat sudah teruji dan tidak boleh ikut, namun boleh ditampilkan dalam pameran. Yang kita uji hanya varietas unggul yang belum bersertifikat," katanya.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021