Dewan Pimpinan Wilayah Partai Gelora Sumatera Utara meluncurkan program penanaman satu juta pohon di Desa Palo Rejo Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (28/11). Kegiatan ini merupakan bagian dari program penghijauan dengan menanam 10 juta pohon se Indonesia.

Ketua Partai Gelora Sumatera Utara Heriansyah mengatakan penanaman satu juta pohon dilakukan secara bertahap dan melibatkan pengurus di kabupaten/kota.

Baca juga: Meski nihil kasus baru, animo masyarakat Tapsel dapatkan vaksin COVID-19 meningkat

"Kami menanam 500.000 pohon, 500.000 pohon lagi akan ditanam secara bertahap di setiap kecamatan-kecamatan yang ada di Sumatera Utara oleh pengurus di daerah," kata Heriansyah.

Mantan anggota DPRD Sumut ini menilai kondisi lingkungan saat ini sudah cukup memperihatinkan. Di mana, Indonesia kehilangan hutan seluas 2,21 juta hektar setiap tahun.

"Hal ini tentu harus mendapat perhatian khusus dan menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Maka dari itu kami melakukan hal kecil seperti menanam pohon," tuturnya.

Menanam pohon, menurut dia memberikan banyak manfaat dari mulai manfaat sosial, manfaat lingkungan hingga manfaat ekonomi.

 "Pohon secara alami menarik karbon dan mengeluarkan produk sampingan yang sangat berguna bagi manusia seperti oksigen. Oksigen itu penting. Tetapi hal yang lebih penting adalah bahwa pohon menyerap karbon," katanya.

"Salah satu aspek terbesar dari pemanasan global adalah meningkatnya jumlah karbon dioksida yang terperangkap di atmosfer kita. Karbon dioksida adalah salah satu dari beberapa gas rumah kaca yang berkontribusi terhadap perubahan iklim," ucapnya mengakhiri.

Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Partai Gelora Sumut Satria Yuda ; Bendahara Gelora Purna Irawan ; Ketua Gelora Kota Medan Muhammad Nasir ; Ketua Gelora Deli Serdang Azhari Nasution.

 

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021