Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Utara salah satu dari 33 Kantor Wilayah di Indonesia penerima penghargaan untuk kategori Peningkatan Kekayaan Intelektual Komunal Terbaik di Wilayah Indonesia Bagian Barat.

"Pada kegiatan kali ini juga diberikan apresiasi kepada Kantor Wilayah yang telah melaksanakan pelayanan Kekayaan Inteletual dan tugas kehumasan secara optimal selama satu tahun terakhir," kata Plt Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Razilu, pada Pembukaan Kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Kinerja  Program Penegakan dan Pelayanan Hukum  Bidang Kekayaan Intelektual dengan Kantor Wilayah sekaligus KUMHAM PR Summit 2021, di Jakarta, Selasa (23/11).

Razilu mengatakan, Indonesia memiliki potensiKekayaan Intelektual Komunal yang sangat banyak sebagai perekat identitas bangsa dan memperkuat perekonomian nasional.

"Segera akan dikeluarkan peraturan penegakan kekayaan intelektual komunal di tingkat peraturan daerah yang saat ini tahap harmonisasi," jelas Razilu.

Baca juga: Kanwil Kemenkumham Sumut ikut selesaikan permasalahan Laka Lantas

Sementara itu, Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Hiariej mengatakan pada  era dimasa perkembangan teknologi telah menciptakan pasar digital yang penuh dengan kreativitas, perlindungan atas hak kekayaan intelektual menjadi program penting pemerintah dalam rangka memperkuat perekonomian negara di masa pandemi COVID-19 yang saat ini tengah dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

"Di dalam era industri 5.0 atau era digital, kemajuan teknologi bukan lagi terjadi setiap bulan apalagi setiap tahun, melainkan day to day.Kalau kita tidak memiliki visi dan misi yang jauh ke depan dalam konteks perlindungan hukum kekayaan intelektual, maka hukum yang ada akan tertinggal," ujar Edward.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumut Imam Suyudi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Purwanto, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Yulius Manurung, Kepala Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Desi Angggeraeny, dan Kepala Subbagian Humas RB dan TI Bambang Suhendra.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021