TNI AL Pangkalan Tanjungbalai Asahan (TBA) menyiagakan seluruh personel, Tim Medis, ambulans , kendaraan angkut dan 4 perahu karet untuk kegiatan operasional dalam menghadapi bahaya ancaman banjir maupun badai lanina.

Kesiap siagaan prajurit Jala Bhakti itu  digelar melalui apel dipimpin Palaksa Lanal TBA, Mayor Laut (P) Nabil di Mako Lanal, Jalan Sei Barimbang, Asahan Mati, Kabipaten Asahan, Senin (8/11).

Dalam amanatnya, Palaksa mengatakan bahwa prajurit, perahu karet dan kenderaan angkut disiagakan dan siapkan untuk memberikan bantuan (evakuasi) warga yang terjebak di rumah-rumah saat terjadinya banjir.

Baca juga: Pemkot Tanjungbalai salurkan bantuan bibit ikan kepada masyarakat

"Jika nanti terjadi banjir, kita (prajurit) harus siap melakukan evakuasi warga yang terjebak. Tim medis juga harus siap siaga memberikan layanan kesehatan bagi warga yang membutuhkan," ujar Nabil.

Usai memimpin apel, Palaksa menjelaskan kegiatan tersebut merupakan salah satu respon TNI AL Lanal TBA dalam mengantisipasi bencana alam, banjir disebabkan faktor cuaca seperti badai lanina.

"Apel kesiap siagaan prajurit TNI AL Lanal TBA bertujuan untuk memeriksa dan memastikan kesiapan personel, alat, sarana dan prasarana pendukung lainnya dalam menghadapi bencana akibat faktor alam," kata Nabil kepada pers.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021