Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Tarutung, Muhammad Nurdin Tanjung, mengungkapkan, pihaknya kembali melakukan penggeledahan atas kamar hunian dan pribadi warga binaan pemasyarakatan dalam gelar razia "zero halinar" di wilayah Rutan, Sabtu (6/11).

Dikatakan, penggeledahan rutin itu dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban, memberikan rasa aman dan nyaman bagi WBP, serta keseriusan Rutan Kelas IIB Tarutung dalam mewujudkan zero handphone, pungutan liar dan narkoba (halinar).

"Sebagai langkah pencegahan, kami selalu rutin melakukan razia di kamar hunian. Kami tidak segan menindak tegas WBP yang ketahuan dan terbukti melakukan pelanggaran tata tertib," ujar M Nurdin.

Menurutnya, demi mewujudkan Rutan Kelas IIB Tarutung bersih dari "halinar", penggeledahan dan pengecekan di setiap blok atau kamar-kamar hunian WBP harus tetap dilakukan.

"Saya tegaskan kembali, handphone tidak boleh berada di lingkungan blok hunian. Di sini sudah ada fasilitas warung telekomunikasi yang dapat digunakan seluruh WBP. Silakan manfaatkan itu," imbuhya.

Dari hasil penggeledahan, ditemukan satu buah kabel, sikat gigi, sendok besi, gunting kuku, mancis dan kartu remi. 

Semua barang yang disita telah dilakukan pendataan data untuk kemudian diamankan di lokasi penyimpanan barang bukti, dan selanjutnya akan dimusnahkan. 

"Jika ada keterlibatan petugas, maka akan ditindak tegas," terangnya.

Kata M Nurdin, pihaknya akan terus menggiatkan pelaksanaan penggeledahan hingga Rutan Kelas IIB Tarutung benar-benar bersih dari "halinar".

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021