Pemkot Medan mewaspadai adanya lonjakan kasus COVID-19 gelombang ketiga akhir tahun nanti. Salah satu upaya mencegah adanya lonjakan kasus adalah menggenjot capaian vaksinasi.

Wali Kota Medan Bobby Nasution, mengatakan, saat ini kasus COVID-19 di Medan cenderung melandai atau menurun. Namun, pihaknya tetap akan mengantisipasi adanya lonjakan kasus.

Maka dari itu, ia akan berkoordinasi dan berkolaborasi dengan pihak terkait untuk melakukan antisipasi, salah satunya percepatan vaksinasi.

Baca juga: Bobby fasilitasi atlet karate peraih medali PON Papua pindah tugas ke Medan

 "Sesuai arahan bapak Presiden RI yang disampaikan dalam video conference tadi, Pemkot Medan tentunya akan terus melakukan akselerasi vaksinasi," kata Bobby, Senin (25/10/2021).

Bobby menjelaskan bahwa penyuntikan vaksinasi dosis satu sudah mencapai 1.286.126 dosis atau 66,19 persen. Sedangkan dosis kedua 877.242 atau 45,15 persen.

Selain menggenjot capaian vaksinasi, Bobby juga akan terus mengawasi proses berjalannya pembelajaran tatap muka (PTM).

Dia tidak ingin protokol kesehatan (prokes) diabatkan dalam menjalankan PTM.

"Disiplin menerapkan prokes terus didorong serta mendorong vaksinasi bagi pelajar kita," paparnya.

Sementara itu Presiden Jokowi saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se Indonesia berpesan agar vaksinasi terus dipercepat, khususnya daerah yang capaian masih rendah.

Menurutnya, sudah sudah 237 juta dosis vaksin yang telah dikirimkan ke daerah-daerah dan itu jumlah yang tidak sedikit.

"Perlu saya ingatkan vaksinasi daerah yang masih rendah dibawah 50 persen agar dikejar bisa diatas 50 persen bulan November dan diatas 70 persen di bulan Desember. Ini penting untuk melindungi rakyat kita dari virus COVID-19 dan juga pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi.

Sejauh ini, menurut Presiden Jokowi, total dosis vaksin yang telah berhasil disuntik sebanyak 182 juta dosis.

"Dosis pertama sudah 54 persen, dosis kedua 32 persen. Saya ingin mengingatkan vaksinasi terus di kejar baik vaksinasi dosis pertama dan kedua," tegasnya.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021