Badan Intelijen Negara (BIN) kembali melaksanakan vaksinasi COVID-19 di sejumlah daerah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara, salah satunya adalah di Kota Binjai, yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Jalan Pekanbaru, Kecamatan Binjai Selatan, Kamis (21/10).

Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan vaksinasi COVID-19 oleh Badan Intelijen Negara (BIN) bagi 11.000 warga Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang yang dilaksanakan sekitar 28 hari yang lalu, dituntaskan hari ini.

Baca juga: Al Jamiyatul Washliyah Binjai harus membawa perubahan

Kegiatan hari ini dilaksanakan di sejumlah titik di Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang, dimana untuk 3.500 pelajar pelaksanaannya dipusatkan di MAN 1 Binjai, kemudian untuk warga dilaksanakan di dua lokasi, yakni Kantor Lurah Kebun Lada dan Pustu Jati Karya.

Untuk dosis 2 para santri/santriwati dan masyarakat Deli Serdang, dilaksanakan di pondok pesantren Darul Arafah Raya, Desa Lau Bakery dengan sasaran 3.500 peserta.

Pantauan ribuan pelajar tampak antri memasuki pekarangan MAN 1 Binjai, di Jalan Pekanbaru, sejak Pukul 7.30 WIB, kedatangan para peserta yang berasal dari sejumlah sekolah itu, sudah diatur bergelombang sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

Adapun siswa dan siswi yang menerima suntikan dosis 2 vaksin COVID-19 di sekolah ini berasal dari MAN Binjai, kemudian MAS Nurul Furqon, MAS Aisyiyah, MAS Al Ishlahiyah, serta MAS Al Washliyah.

Selanjutnya dari SMAN 2 Binjai, SMAN 1 Binjai, SMKS Putra Anda, SMAN 7 Binjai, dan SMKN 1 Binjai juga di pusatkan di MAN Binjai.

Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Sumatera Utara, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana, saat ditemui dilokasi menjelaskan, untuk vaksinasi COVID-19 hari ini adalah vaksin lanjutan/dosis 2.

"Untuk kegiatan hari ini sebenarnya vaksin lanjutan yang diperuntukkan bagi para pelajar di Kota Binjai. Hari ini kami juga melaksanakan kegiatan yang sama di pesantren yang ada di Deli Serdang, dengan sasaran yaitu para santri dan masyarakat," ungkap Brigjen TNI Asep Jauhari.

Disinggung berapa jumlah dosis vaksin yang dibawa dalam kegiatan hari ini, Perwira Tinggi TNI ini menegaskan ada 11.000 dosis yang disiapkan. "Jumlahnya 11.000 dosis, sedangkan vaksinnya yaitu jenis Sinovac," urainya.

Untuk targetnya di Kota Binjai saat ini yaitu 7.500 peserta, pada dosis pertama sudah dilaksanakan sekitar 48 persen. Jadi hari ini kita laksanakan dosis kedua.

Tujuannya agar kita dapat mendapatkan kekebalan dan meningkatkan imun, sehingga kita dapat melawan Covid 19 dengan sebaik baiknya, katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto, menyambut baik diadakannya pelaksanaan Vaksinasi massal yang digelar oleh BIN.

"Tentunya kami berterima kasih dan apresiasi kepada BIN, yang telah ikut berpartisipasi dalam melaksanakan kegiatan ini di Kota Binjai. Semoga program Pemerintah ini dapat berjalan dengan maksimal dan segera terbebas dari Covid-19," katanya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021