Lembaga Pelayanan Pengembangan Masyarakat (LPPM) GKPI memberikan pelatihan peningkatan ketahanan pangan keluarga dengan mengadakan pelatihan "Home Gardening".

Ketua LPPM GKPI Hardi Sibarani ST MM didampingi Sekretaris Eksekutif Pdt Thomas A Sitorus, Sabtu (16/10), mengatakan, kegiatan program GKPI's Response COVID-19 dengan metode pertanian organik, dilaksanakan pada 15-17 Oktober 2021 di GKPI Siantar Kota, GKPI Tomuan dan Panti Asuhan Mamre.

GKPI kata Hardi, bekerja sama dengan UEM memberdayakan warga jemaat dan masyarakat supaya memiliki kemampuan memanfaatkan pekarangan rumah dalam budi daya hortikultura untuk mendukung ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19.

Hardi berharap dengan pelatihan yang menghadirkan Staf Asian Rural Institution, Jepang, Wesly Lingga, masyarakat khususnya jemaat GKPI bisa menjadi peluang dalam meningkatkan perekonomian keluarga.

Pdt Thomas A Sitorus menambahkan, para peserta diberikan pelatihan pembuatan nutrisi atau pupuk organik cair dengan limbah dapur organik, dan ini sangat membantu buat kaum ibu secara ekonomis.

Sementara Wesly Lingga mengungkapkan, Home Gardening dengan pertanian organik  sangat efektif dan ramah lingkungan, serta dapat mendongkrak secara efektif ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi. 

"Ini sudah terbukti di lembaga yang saya tangani  (Rural Development Action, Dairi) dan daat dilakukan di areal perumahan," sebut Wesly.

Kegiatan yang diikuti sekitar 70 peserta dari kaum ibu, bapa dan remaja serta peserta dari lintas gereja, diapresiasi Korwil GKPI Wilayah 3 Pdt Ebed Nainggolan.

Harapannya, pelatihan bisa memotivasi warga jemaat meningkatkan perekonomian keluarga di tengah pandemi COVID-19.

Kegiatan dirangkai dengan pembagian bibit sayur-sayuran kepada peserta dengan harapan program Home Gardening dapat diterapkan di pekarangan rumah masing-masing. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021