Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, dinilai memiliki komitmen tinggi mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PuG) di daerah ini.

"Alhamdulillah, Kota Medan mendapat penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2020 di kategori Pratama. Semoga jadi penyemangat seluruh OPD di lingkungan Pemkot Medan," ujar Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman di Medan, Rabu (13/10).

Hal ini terungkap ketika Wiriya menghadiri pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 secara virtual di ruang kerja sekda di kantor Wali Kota Medan.

Sekda menerangkan, penghargaan APE 2020 kategori Pratama didapat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

"Sebelumnya Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution telah menerima penghargaan itu di kantor wali kota, Senin (27/9) bulan lalu," tegasnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Darmawati Puspayoga dalam virtual menyampaikan bahwa pembangunan dilaksanakan bertujuan meningkatkan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Tapi, lanjut menteri, seringkali suatu pembangunan belum dirasakan setara bagi kaum perempuan akibat, di antaranya kebijakan program dan kegiatan belum memperhatikan perbedaan baik kodrati maupun hasil konstruksi sosial.

"Melalui Inpres No 9/2000 tentang PuG Dalam Pembangunan Nasional Implementasi, Strategi PuG dalam kebijakan, program dan kegiatan di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah kini mulai dilaksanakan," terang Menteri.

"Implementasi PuG akan memperkecil kesenjangan gender. Upaya kesetaraan gender harusnya dilandasi pembangunan dan memberdayakan semua lapisan masyarakat, baik perempuan maupun laki-lak demi meningkatkan taraf hidup mereka," kata Bintang.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021